Rudiantara: Ada yang Potong Kabel Optik Telkomsel Papua

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 30/08/2019 00:04 WIB
Rudiantara: Ada yang Potong Kabel Optik Telkomsel Papua Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara sebut ada yang memotong kabel optik Telkomsel di Papua. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Matinya seluruh layanan telekomunikasi di Papua terjadi akibat adanya pihak yang memotong kabel utama jaringan optik Telkomsel. Hal itu disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam keterangan resminya pada Kamis (29/8).

"Yang terjadi di Jayapura, ada yang memotong kabel utama jaringan optik Telkomsel yang mengakibatkan matinya seluruh layanan komunikasi," ujar Rudiantara.

Saat ini, lanjut Rudiantara, pemerintah hanya melakukan pembatasan pada layanan data. Pemerintah tak membuat kebijakan pemadaman jaringan secara penuh.

"Layanan suara [menelepon/ditelpon] serta SMS [mengirim/menerima] tetap difungsikan," ujarnya.

Telkomsel saat ini tengah berusaha untuk memperbaiki kabel yang terputus. Rudiantara mengatakan, pengalihan trafik dilakukan agar layanan telepon dan SMS dapat segera difungsikan kembali.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan POLRI/TNI untuk membantu pengamanan perbaikan di ruang terbuka," katanya.

Sebagaimana diketahui, jaringan telepon dan listrik di Papua dikabarkan lumpuh total sebagai imbas dari kerusuhan yang terjadi di Jayapura pada Kamis (29/8).

Sebelumnya, pemerintah telah membatasi layanan internet untuk wilayah Papua dan Papua Barat sejak Senin (19/8). Kebijakan itu meningkat menjadi pemblokiran akses di wilayah tersebut pada Rabu (21/8). Warga hanya bisa menikmati akses layanan berupa telepon dan SMS.

[Gambas:Video CNN]


(asr/asr)