Menteri Jokowi Beli Mobil Listrik untuk Kendaraan Pribadi

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Selasa, 03/09/2019 09:03 WIB
Menteri Jokowi Beli Mobil Listrik untuk Kendaraan Pribadi Ilustrasi mobil listrik. (Foto: REUTERS/Mike Blake)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mobil listrik asal Amerika Serikat Tesla Model 3 akhirnya mengaspal di Indonesia. Mobil ini masuk Tanah Air lewat Importir Umum (IU) Prestige Image Motocars dengan selebrasi yang dilakukan di Jakarta Selatan, akhir pekan lalu.

Presiden Direktur Prestige Image Rudy Salim menjelaskan bahwa Model 3 hadir dalam tiga varian yakni Standard, Long Range, dan Performance.

Rudy mengatakan beberapa menteri Kabinet Kerja jilid I tertarik membawa pulang mobil tanpa emisi gas buang tersebut, namun masih proses negosiasi.


"Tapi saat ini masih nego-nego juga," kata Rudy, Senin (2/9).

Ia enggan menyebut siapa saja menteri Jokowi yang sudah melakukan negosiasi untuk membeli mobil itu. Jika sudah sepakat, pihaknya baru bisa mengumumkan ke publik.

"Tidak bisa saya sebutkan, kan belum deal," ucap dia.

Selain menjadi incaran menteri, Rudy mengatakan bahwa pihaknya sedang berupaya agar Model 3 dapat dibeli borongan oleh perusahaan taksi Silverbird. Kata dia ini juga masih tahap negosiasi internal.

Bluebird sebelumnya sudah menggunakan Tesla Model X 75 D dan digunakan sebagai armada taksi eksekutif Silverbird. Ada lima unit Tesla digunakan perusahaan itu kini.

Untuk memperoleh unit Tesla, Bluebird membelinya langsung secara utuh melalui Prestige Image. Selain Tesla Model X, Bluebird juga menggunakan mobil listrik BYD e6 untuk dijadikan taksi.

"Bersama Silverbird kami juga masih tahap negosiasi, belum bisa disebutkan kapan selesai negosiasinya agar deal," ujar Rudy.

Mobil Listrik 'Murah' Tesla

Model 3 adalah mobil listrik 'murah' dari keluarga Tesla ada tiga varian yakni Standard, Long Range, dan Performance. Pembeda pada masing-masing varian ada pada roda penggerak, kecepatan, dan jarak tempuh untuk sekali pengisian baterai.

"Nah masing-masing varian ini punya lima pilihan warna," kata Rudy, Senin (2/9).

Varian standard berpenggerak roda belakang bisa berakselerasi dari 0-100 km dalam waktu 5,3 detik dengan kecepatan maksimum 225 jm per jam.

Kemudian varian Long Range penggerak semua roda berakselerasi 0-100 km dalam hitungan waktu 4,4 detik dengan kecepatan maksimum 233 km per jam. Sementara dan Performance penggerak semua roda dengan punya akselerasi lebih cepat, yaitu 0-100 km dalam 3,2 detik dengan kecepatan maksimum 261 km per jam.

Jarak tempuh masing-masing varian juga berbeda. Standard Range Plus mampu mencapai jarak tempuh hingga 386 km, Long Range dan Performance hingga 499 km dalam satu kali pengisian.

Rudy bilang Model 3 merupakan kendaraan yang dapat menekan biaya operasional secara signifikan. Satu kali pengisian daya baterai dari nol sampai penuh, biaya yang diperlukan sekitar Rp70 ribu dengan estimasi waktu pengisian empat jam.

Rudy mengklaim ini seperlima lebih hemat dibandingkan biaya bahan bakar kendaraan konvensional.

"Ini era baru, era kendaraan listrik dengan harga mobil listrik yang semakin terjangkau dan turut sertanya Pemerintah mendukung kendaraan listrik dengan insentif yang ada, harapannya agar hijrah ke kendaraan listrik," ucap Rudy.

Model 3 dilengkapi berbagai fitur canggih salah satunya kamera mundur yang diklaim paling detail karena tidak hanya menampilkan kejernihan visual, tetapi juga menampilkan jarak antara kendaraan dengan objek dalam satuan ukuran sentimeter.

Prestige Motorcars memberikan layanan dua tahun garansi, jaminan suku cadang, service, dan jaminan baterai selama delapan tahun untuk semua pembelian Tesla.

Karena masih menggunakan hitungan- hitungan pengenaan pajak yang berlaku saat ini. Di Indonesia Model 3 dibanderol di atas Rp1 miliar off-the-road. Harga bisa semakin mahal jika ada opsi tambahan spesifikasi yang diinginkan buat Model 3 dari calon pembeli. (ryh/mik)