Corolla Altis Hybrid Masuk RI Pekan Depan

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Kamis, 05/09/2019 16:59 WIB
Corolla Altis Hybrid Masuk RI Pekan Depan Ilustrasi Corolla Altis Hybrid. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Toyota-Astra Motor (TAM) akan kembali memanaskan pasar otomotif dalam negeri dengan meluncurkan generasi baru Corolla Altis pada pekan depan.

Kabar peluncuran sedan pesaing Honda Civic ini diketahui setelah undangan resmi masuk ke redaksi CNNIndonesia.com, Kamis (5/9).

Sumber terdekat mengabarkan bahwa Toyota Indonesia juga akan menyediakan pilihan hybrid. Masuknya varian hybrid menjadi babak baru Corolla yang selama ini cuma tersedia mesin konvensional.


"Akan tersedia varian hybrid, dan menjadi sejarah dalam keluarga Corolla di Indonesia," ucap sumber yang namanya enggan disebutkan.

Di global, sedan Corolla Altis bersaing ketat dengan Honda Civic Turbo, Mazda3. Untuk varian hybrid Corolla Altis cukup berpeluang masuk pasar otomotif dalam negeri mengingat perusahaan cukup berpengalaman memasarkan mobil hybrid seperti Prius, C-HR hybrid, dan Camry hybrid.

Sumber menjelaskan Corolla Altis hybrid besar kemungkinan menjadi sedan berteknologi hybrid 'termurah' yang dipasarkan TAM di Indonesia.

"Alasan model yang hybrid juga kami pasarkan karena ada permintaan. Apalagi sekarang sudah ada Perpres kendaraan bermotor listrik (KBL) yang sudah diundangkan," ucapnya.

"Ini semakin mempertegas kehadiran mobil-mobil ramah lingkungan Toyota di Indonesia," ujarnya kemudian.

Model ini mengandalkan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) seperti Prius, C-HR. Altis terbaru memiliki dimensi panjang 4.640 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.435 mm.

Di Thailand, sedan ini tersedia tiga pilihan mesin, 1.600 cc dan 1.800 cc serta hybrid. Sumber tidak bersedia menjelaskan potensi dua varian Corolla Altis lain masuk Indonesia.

"Yang pasti yang hybrid masuk sini (Indonesia)," ucapnya.

Mesin 1.800 cc berkode 2ZR-FBE mampu menghasilkan 140 PS (138 tenaga kuda) pada 6.000 rpm dan torsi 177 Nm pada 4.000 rpm.

Sementara yang hybrid disokong mesin kapasitas 1.800 berkode 2ZR-FXE dengan tenaga 98 PS (96 tenaga kuda) pada 5.200 rpm dan torsi 142 Nm pada 3.600 rpm. Mesin ini dapat tambahan daya dari motor listrik 72 PS (70 tenaga kuda) dan torsi 163 Nm.

Corolla Altis Hybrid Masuk RI Pekan DepanFoto: Screenshot web Samsat Pkb Jakarta
(ryh/mik)