Edukasi & Fitur

Kenali Jenis Sunroof, Panoramic Roof, dan Moonroof

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 09/09/2019 20:50 WIB
Kenali Jenis Sunroof, Panoramic Roof, dan Moonroof Ilustrasi. (Foto: dok. Toyota)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beberapa pabrikan menyediakan produknya dengan fitur sunroof di bagian atap mobil. Fitur ini umumnya digunakan untuk sirkulasi udara selain alasannya meningkatkan penampilan mobil.

Selain sunroof, beberapa mobil juga tersedia panoramic roof, dan moonroof yang memiliki kinerja berbeda.

Kita tidak bisa menyamaratakan fitur-fitur tersebut, sebab masing-masing punya kegunaan berbeda. Berikut perbedaan ketiga fitur itu.


Sunroof

Fitur ini berupa panel yang diaplikasikan pada atap mobil. Pabrikan biasanya menggunakan material tempered glass yang dapat dibuka tutup dengan sistem elektrik.

Dalam satu kali tekan biasanya akan terbuka lebar dengan tempo beberapa detik tergantung besarnya ukuran sunroof.

Panoramic Roof

Lain lagi dengan panoramic roof. Jika sunroof dan moonroof dapat dibuka, panoramic roof hanya merupakan lapisan kaca yang dibuat permanen.

Fitur ini hanya mengganti pelat atap dengan menggunakan kaca. Fitur hanya bersifat lapisan kaca yang berfungsi sebagai sarana masuknya cahaya ke dalam kabin mobil selain meningkatkan gengsi si pemilik.

Fitur ini juga dilengkapi lapisan semacam tirai yang dapat dibuka tutup dari dalam kabin. Namun saat ini ada juga produsen yang membuat perpaduan, antara sunroof dan panoramic roof.

Moonroof

Moonroof dengan sunroof sebetulnya hampir sama. Namun sistem kerja saat dibuka berbeda. Jika sunroof dibuka keluar, kalau moonroof kacanya bakal terbuka ke belakang masuk ke dalam atap mobil.

Untuk bahan yang digunakan masih sama, yakni mengandalkan tempered glass. Baik sunroof maupun moonroof, keduanya tetap dilapisi tirai agar menahan sinar matahari untuk tidak masuk ke interior mobil.

Sistem buka tirai ada yang menggunakan sistem elektrik, atau manual dari dalam kabin. (ryh/mik)


BACA JUGA