Mitos Tekno

Makin Besar Megapiksel Tak Jamin Kamera HP Makin Bagus

CNN Indonesia | Minggu, 13/10/2019 08:40 WIB
Makin Besar Megapiksel Tak Jamin Kamera HP Makin Bagus Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Banyak anggapan yang beredar terkait besaran megapiksel kamera ponsel. Semakin besar megapiksel sebuah kamera hp (handphone), maka kualitas foto yang dihasilkan semakin bagus.

Ponsel dengan kamera bermegapiksel tinggi pun semakin ramai bermunculan. Realme X, Samsung A80, hingga OnePlus 7 Pro yang dikeluar pada tahun ini semuanya menyematkan kamera dengan sensor 48MP.

Sementara Google Pixel 4 dan Apple iPhone 11 masih menggunakan kamera bersensor 12 MP.


Faktanya, anggapan besaran megapiksel berpengaruh pada kualitas foto tersebut keliru. Megapiksel berpengaruh terhadap detail gambar yang dapat diambil oleh sensor kamera.
DxOMark age labs yang biasa mengukur kualitas kamera justru mengatakan kamera bersensor tinggi dapat mengganti kamera optikal zoom yang terlalu rumit untuk disematkan di badan ponsel yang memiliki ruang terbatas.

"Optikal zoom sulit untuk dimasukkan ke dalam smartphone, tetapi sensor 48 megapiksel dapat menghasilkan yang setara dengan 2x optical zoom hanya dengan memotong (cropping)," kata DxOMark Image Labs pada Digital Trends.

Satu mega piksel sama dengan satu juta piksel. Berarti, untuk satu gambar yang diambil menggunakan kamera 48MP, terdiri dari kumpulan 48 juta kumpulan piksel yang menyusunnya.

Foto yang diambil menggunakan piksel yang tinggi jika diperbesar maka kualitasnya akan jauh lebih baik dibanding dengan yang berpiksel rendah. Sebab, gambar yang dihasilkan tersebut tersusun dari piksel yang lebih rapat dan banyak.
Peningkatan megapiksel ini memang merupakan sebuah inovasi pada teknologi kamera ponsel. Namun terdapat kelemahan yang juga tak dapat dihindari.

"Sensor 48-megapiksel akan membuat file yang jauh lebih besar dan file yang dihasilkan mungkin akan delapan hingga 15 kali lebih besar dari ponsel kamera 12 megapiksel biasa," kata konsultan fotografi digital Andrew Darlow.

Sebagai gambaran, satu foto dari kamera dengan 8 hingga 12 MP akan menghasilkan file berukuran satu hingga dua MB. Jika diperkirakan, maka foto hasil sensor 48MP bisa memiliki ukuran hingga 4 kali lebih besar. Tentu hal ini menyebabkan ponsel menjadi boros penyimpanan.

Terkadang kita juga menemukan foto yang diambil menggunakan kamera 12 MP namun kualitasnya lebih baik dari foto dengan mega piksel lebih tinggi. Hal tersebut dapat terjadi karena ukuran sensor mempengaruhi hasil dan kualitas dari foto yang diambil.
Menurut Mac World, apabila dua ponsel dengan mega piksel yang berbeda namun memiliki sensor dengan ukuran yang sama persis, kemungkinan foto dengan mega piksel lebih besar kualitasnya bisa saja sama atau bahkan lebih buruk. Sebab, piksel yang dihasilkan terlalu besar sehingga harus dikompres agar muat ke sensor yang kecil.

Tidak ada yang salah jika membeli ponsel dengan kamera berpiksel tinggi. Namun, kualitas dan ukuran dari sensor yang tertanam di ponsel juga turut mempengaruhi kualitas foto. Sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan ketika mencari ponsel dengan kamera yang mumpuni. (ndn/age)