LAPORAN DARI JEPANG

Konsep Truk Listrik Hino, Gerak 6x6 dan Lantainya Rata

CNN Indonesia | Kamis, 24/10/2019 18:36 WIB
Konsep Truk Listrik Hino, Gerak 6x6 dan Lantainya Rata Model konsep FlatFormer Hino di Tokyo Motor Show 2019. (CNN Indonesia/Arif Hulwan Muzayyin)
Tokyo, CNN Indonesia -- Barang baru di Tokyo Motor Show (TMS) 2019 yang digelar di Tokyo Big Sight bukan hanya mobil dan motor, salah satu perwakilan merek kendaraan komersial, Hino, juga unjuk gigi dengan memperkenalkan model konsep masa depan berupa truk listrik bernama FlatFormer.

FlatFormer diklaim bakal mengubah konsep mobilitas, bukan cuma menawarkan efisiensi transportasi orang dan barang tetapi juga bisa masuk ke area yang lebih fleksibel.

FlatFormer ibarat hak sepatu yang bisa digunakan menjadi fondasi berbagai jenis kendaraan. Model konsep ini mampu bergerak memanfaatkan tenaga listrik dari baterai lithium (Li-ion) berkapasitas 50 kWh dan didukung sistem gerak enam roda (6x6).


Belum banyak penjelasan tambahan dari Hino terkait FlatFormer, namun dari spesifikasi yang dirilis diketahui panjangnya 4.700 mm, lebar 1.700 mm, dan tinggi 335 mm.

Konsep Truk Listrik Hino, Gerak 6x6 dan Lantai RataContoh aplikasi pada model konsep Hino FlatFormer. (CNN Indonesia/Arif Hulwan Muzayyin)


Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di stan Hino di Aomi Exhibition Hall A Tokyo Big Sight, Tokyo, Kamis (24/10), teknologi FlatFormer ini dipajang di etalase utama.

Layar lebar yang berada di belakangnya menjelaskan soal teknologi ini dengan sederhana dan menarik berkat bantuan karakter anime.

Para pengunjung tampak duduk di bangku atau berdiri di depannya menyimak paparan sambil sesekali melirik brosur yang mereka pegang.

Manager Corporate Communications Public Affairs Division Hino Jepang Makoto IIjima mengatakan teknologi ini sangat fleksibel alias super-versatile dan efisien.

"Konsep ini dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan industri dan masyarakat yang semakin berkembang dan berubah cepat," kata dia di lokasi.

"Kami tentunya berharap teknologi ini dapat digunakan sebagai platform produksi kami ke depan," dia menambahkan.

Makoto menyebut FlatFormer bisa dijadikan basis berbagai macam kendaraan mulai dari truk barang, truk sampah, atau bus penumpang.

Sejauh ini, dikutip dari situs resmi Hino, teknologi FlatFormer ini diterapkan pada sejumlah kendaraan pelayanan seperti Recycle Management Service, Medical Service, Catering Services, Retail Services, Delivery Services, Security Service, Energy Service, Accommodation Services, Passenger Services, School Support Service, dan Maintenance Service.

"FlatFormer akan mengubah konsep soal mobilitas selamanya. Tidak hanya akan membawa efisiensi yang lebih besar untuk mobilitas orang dan barang, tetapi juga akan mengembangkan mobilitas menjadi ruang dengan nilai pelayanan bagi manusia", demikian menurut Hino.

[Gambas:Youtube] (arh/fea)


BACA JUGA