Ahok Jadi Komut Pertamina, Nyinyir Netizen Terbelah

CNN Indonesia | Sabtu, 23/11/2019 12:07 WIB
Ahok Jadi Komut Pertamina, Nyinyir Netizen Terbelah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ditunjuk sebagai Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina (Persero). (AFP PHOTO / POOL / Bagus INDAHONO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah menunjuk Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina (Persero).

Ahok dipastikan bakal langsung mulai kerja setelah Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pertamina pada Senin (25/11). Sesuai fungsi dan tugasnya, Ahok akan mengawasi direksi dalam menjalankan perusahaan, termasuk memberi nasihat.

Penunjukan Ahok sebagai Komut Pertamina mendapat berbagai tanggapan dari netizen di Twitter. Ada yang menolak, namun banyak pula yang mendukung.


Salah satunya akun Twitter, @Ombens70, meyakini prinsip Ahok sebagai Komut Pertamina tak akan berubah seperti saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.



"Mulai senin kembali kita lihat kiprah ahok......selamat ya....saya yakin prinsip anda tidak akan berubah...sama seperti waktu jadi gubernur DKI dulu...," tulis akun itu.

Sementara akun @AyunidyaBtari mencuitkan harapannya pada Ahok agar tetap tegas sebagai Komut Pertamina.



"Semoga pak ahok bs mengemban tugas dg baik, gpp pak tegur mereka yg gbs kerja, kalo perlu tegur dg tegas biar kerjanya berintegritas, saingan pertamina mulai muncul ini perusahaan dari inggris jd ya harus digenjot kerjanya," katanya.




Semakin dihujat, semakin lebat, dibutuhkan org berani yg punya kemampuan lbh u/ memperbaiki dan meningkatkan kinerja di BUMN spt Pertamina. Detik ini org yg pas adalah AHOK yg lain No Way ...!!!

Komentar netizen soal Ahok jadi Komut Pertamina tidak semuanya positif, ada juga yang meragukan dan menyinggung soal 'catatan hitam' mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Misalnya akun @buasqu yang mempertanyakan kemampuan Ahok hingga ditunjuk sebagai Komut Pertamina.



Sementara akun @dhika2380 juga mempertanyakan kemampuan Ahok menjadi Komut Pertamina. Ia mengingatkan rekam jejak mantan Bupati Belitung Timur itu yang pernah terjerat hukum.



"Pandai sih pandai tapi kalau sdh mempunyai catatan hitam apakah itu bisa dibilang baik mnrt publik...ingin menjadi abdi negara sebagai prajurit saja sdh harus bersih dr segala hal lalu apa guna seleksi itu jika yg ini saja di HALALKAN," tulisnya.

Akun @Paps_Bee juga menyindir uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test yang biasanya dilakukan bagi pejabat publik. Seperti diketahui Ahok telah lulus proses Tim Penilaian Akhir yang diketuai Presiden Joko Widodo.



Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengumumkan Ahok resmi menjabat sebagai Komut Pertamina. Ahok sendiri ditunjuk menjadi Komut Pertamina atas pertimbangan mengawasi direksi dengan ketat.

Sesuai Inpres Nomor 8 Tahun 2014, Dewan Komisaris dan Dewan Direksi di perusahaan strategis harus minta persetujuan presiden. Nama Ahok pun diklaim telah diusulkan ke Presiden Joko Widodo. (pris/fea)