Periskop 2020

Prediksi Mobil-mobil Baru Meluncur pada 2020

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Jumat, 27/12/2019 09:58 WIB
Prediksi Mobil-mobil Baru Meluncur pada 2020 Indonesia masih akan dihadiri mobil-mobil keluaran terbaru di sepanjang 2020. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mobil-mobil baru dengan kisaran harga Rp250 juta sampai Rp700 juta masih menjadi magnet konsumen dalam negeri di tahun depan. Kehadiran deretan mobil baru itu diprediksi bakal terus menggairahkan pasar otomotif nasional.

CNNIndonesia.com sudah merangkum mobil-mobil model terbaru yang akan ditawarkan pemanufaktur asal Jepang dan China di Indonesia sepanjang 2020. Ulasan ini diharapkan bisa membantu konsumen menyiapkan kocek untuk membeli mobil baru di tahun depan.

Suzuki XL7


Suzuki diprediksi bakal menjual XL6 di Indonesia. Mobil tersebut sebelumnya telah diluncurkan lebih dahulu di India.

Angka enam pada XL6 mengartikan mobil ini menampung enam penumpang dengan konfigurasi 2+2+2. Jok baris tengah menggunakan tipe captain-seat. Sedangkan Di Indonesia, XL6 kemungkinan berubah menjadi 'XL7' dengan konfigurasi 2+3+2 tanpa captain seat.

XL7 yang dirancang menggunakan basis Ertiga rencananya masuk ke pasar low Sport Utility Vehicle (SUV), sementara XL6 di India tetap low Multi Purpose Vehicle (MPV). Suzuki Indonesia sempat mengamini bakal menjual mobil itu di Tanah Air, bahkan dengan skema produksi lokal.

DFSK Glory i-Auto

Produsen Sokonindo Automobile merek DFSK juga tak ingin ketinggalan menyuguhkan mobil baru di Indonesia. Tahun depan diprediksi bakal menjadi peluncuran Glory i-Auto.

I-Auto disebut menjadi varian tercanggih mobil DFSK dalam jajaran keluarga Glory, selain 580 dan 560.

Salah satu fitur 'pintar' mobil tersebut yaitu i-Talk yang mampu membuat pengemudi atau penumpang bisa mengoperasikan sistem tertentu dengan memberi perintah suara. Sistem seperti ini sebelumnya sudah ada pada Wuling Almaz, melalui WIND.

Sistem i-Talk hanya bisa mengerti bahasa Inggris, dan menerima 59 macam perintah suara. Sementara fitur mobil kompetitor Almaz telah disesuaikan dengan perintah suara bahasa Indonesia.

Kabar lainnya, DFSK akan meluncurkan mobil listrik E3 pada tahun depan. Pabrikan dikabarkan telah melakukan studi termasuk untuk urusan memproduksinya di Indonesia.

Di sejumlah pameran otomotif nasional E3 sudah beberapa kali diperkenalkan, namun statusnya cuma sebagai barang pajangan.

Bukan cuma satu mobil tanpa emisi, DFSK juga diprediksi meluncurkan mobil listrik dalam bentuk kendaraan niaga atau pikap.

[Gambas:Video CNN]

Nissan Leaf dan Kicks

Nissan Indonesia tidak ingin ketinggalan. Tahun depan perusahaan diprediksi bakalan meluncurkan sejumlah mobil baru. Paling anyar diprediksi adalah Kicks, produk crossover yang posisinya berada di bawah X-Trail dan Terra.

Ada kemungkinan Kicks masuk Indonesia untuk menggantikan Juke.

Nissan juga diprediksi meluncurkan mobil listrik Leaf. Ini sesuai komitmen Nissan Motor Indonesia yang bakal meluncurkan produk mobil ramah lingkungan tanpa emisi gas buang ke depannya di Indonesia.

Leaf juga kemungkinan tidak didatangkan utuh atau Completely Build Up (CBU), melainkan dirakit lokal di pabrik Nissan Indonesia bekas produksi mobil-mobil merek Datsun.

Honda City 1.000 cc dan Jazz

Honda sudah meluncurkan City 1.000 cc di Thailand, sementara Jazz generasi terbaru di Jepang pada pameran otomotif Tokyo Motor Show 2019. Kedua mobil itu disebut-sebut akan masuk ke pasar Indonesia pada tahun depan.

Pabrikan sedang mencari waktu yang tepat untuk meluncurkan dua mobil tersebut, termasuk studi mengenai ketertarikan konsumen pada dua mobil itu.

Mitsubishi Pajero Sport

Mitsubishi Thailand telah lebih dahulu meluncurkan Pajero Sport baru pada Juli 2019. Ubahan Pajero Sport facelift tersebut terletak pada bagian wajah yang mempertegas identitas mobil Mitsubishi melalui desain 'dynamic shield'.

Mitsubishi Indonesia sudah memastikan bila model baru Pajero Sport tidak meluncur di Tanah Air tahun ini, namun tidak mengelak mengenai peluncurannya di Indonesia pada tahun depan.

SUV Listrik Wuling

Wuling diprediksi bakal meluncurkan SUV bertenaga listrik pada tahun depan setelag Peraturan Presiden (Perpres) No.55 tahun 2019 mengenai percepatan program Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) sudah ditandatangani Presiden RI Joko Widodo.

Kepastian rencana Wuling terungkap melalui Airlangga Hartarto kala masih menjabat sebagai Menteri Perindustrian.

Menurut Airlangga Wuling berpotensi meluncurkan mobil listrik SUV. Selain SUV, Wuling diketahui juga punya dua mobil mungil berbasis listrik yaitu E100 dan E200 yang sudah dipamerkan di Indonesia.

Toyota Prius PHEV

Penguasa pasar mobil Tanah Air, Toyota juga sedang bersiap meluncurkan mobil dengan emisi lebih sedikit melalui Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Sebelumnya Toyota pernah menjanjikan mobil ini meluncur menjelang akhir 2019, namun belum terealisasi hingga sekarang. Oleh sebab itu ada kemungkinan tahun depan bakal dimanfaatkan Toyota meluncurkan Prius PHEV.

Wakil Presiden PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto sudah memastikan mobil plug-in hybrid Toyota akan diperkenalkan pada awal 2020.

"Untuk Plug In Hybrid akan kami launch di awal tahun depan," kata Henry dalam kata sambutan acara Toyota Media Year End Gathering, Kamis (12/12) malam. (ryh/mik)