Susul Huawei dan Xiaomi, Oppo Akui Bikin Prosesor Sendiri

CNN Indonesia | Rabu, 19/02/2020 20:14 WIB
Susul Huawei dan Xiaomi, Oppo Akui Bikin Prosesor Sendiri Oppo akui kemngkan chipset sendiri (CNN Indonesia/Susetyo Dwi Prihadi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Vendor ponsel asal China, Oppo mengakui kalau perusahaannya tengah merampungkan chipset buatan sendiri yaitu Oppo M1. Namun, alih-alih berdiri sebagai chipset sendiri, M1 kabarnya bakal digunakan untuk mendampingi chipset utama untuk optimalisasi.

Nantinya, Oppo M1 yang dikembangkan Oppo ini akan digunakan bersama dengan prosesor anyar milik Qualcomm, Snapdragon 865, untuk ponsek Find X2.

Kabar Oppo akan membuat produk cipset sebetulnya telah berhembus sejak November 2019. Dengan demikian, Oppo bergabung dengan sejumlah vendor ponsel lain yang sudah memproduksi chipset mereka sendiri.

Namun, langkah produsen ponsel ini tak seagresif Huawei, Xiaomi, Samsung, dan Apple. Sebab, perusahaan-perusahaan ini sudah membuat chipset mereka sendiri menggantikan chipset besutan Qualcomm atau MediaTek.


Saat menghadiri acara Future Technology Conference beberapa waktu lalu, CEO Oppo Chen Yongming mengatakan perusahaan akan menginvestasikan sekitar 50 miliar yuan untuk kebutuhan penelitian dan pengembangan dalam tiga tahun ke depan, melansir GizmoChina

Pernyataan Yongming itu diperkuat dengan laporan yang dirilis oleh LetsGoDigital. Media itu menunjukkan bahwa Oppo mengajukan pengajuan merek dagang pada 20 November 2019 di Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPO). 

[Gambas:Video CNN]

Lebih lanjut, Oppo disebut telah memperkerjakan staf ahli yang dahulu bekerja di perusahaan prosesor ternama yaitu Unisoc dan MediaTek.

Dilansir GSMArena, prosesor besutan Oppo itu bakal disebut Oppo M1. Chipset ini bakal disematkan di perangkat ponsel kelas atas (flagship) terbaru yaitu Oppo Find X2. 

Diperkirakan chipset ini akan diumumkan pada Mobile World Congres di Shanghai.

Oppo Find X2 yang akan menggunakan co-chipset ini dikabarkan memiliki layar 6,5 inci OLED QHD+ (2560 x 1440 piksel) dan layar fresh rate 120Hz, seperti yang dicuitkan VP & President of Global Marketing Oppo Brian Shen.

Beralih ke sisi fotografi, kamera utama Oppo Find X2 bakal disematkan sensor 48MP dan didukung teknologi Sonny IMX689. Selain itu, Oppo Find X2 disebut akan didukung pengisian daya cepat SuperVOOC 2.0 65 watt. (din/eks)