Kominfo Bantah Ruas Jalan di Jakarta Disterilisasi Hari Ini

Jonathan Patrick, CNN Indonesia | Kamis, 19/03/2020 15:51 WIB
Kemenkominfo mengumumkan penyemprotan desinfektan di sejumlah ruas jalan di Jakarta untuk mencegah penyebaran virus corona adalah hoaks. Kominfo mengumumkan hoaks sejumlah jalan di Jakarta akan disterilisasi hari ini Kamis (19/3). (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membantah informasi terkait penyemprotan desinfektan di sejumlah ruas jalan di Jakarta untuk mencegah penyebaran virus corona (SARS-CoV-2) pada Kamis (19/3). Pesan berantai itu disebut merupakan hoaks.

Informasi dalam surat edaran tersebut mengimbau agar masyarakat tidak keluar rumah dengan kendaraan roda dua atau berjalan kaki karena ada penyemprotan desinfektan.

"Itu hoaks, dipastikan hoaks," kata Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo, Widodo Muktiyo kepada CNNIndonesia.com, Kamis (19/3).


Beredar informasi yang tersebar di layanan pesan instan WhatsApp mengatasnamakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Di dalam pesan itu dituliskan bahwa hari ini mulai pukul 14.30 WIB sampai 22.00 WIB ada sejumlah ruas jalan di Jakarta akan disterilisasi.

Setidaknya ada 28 jalan di Jakarta yang disebutkan bakal dilakukan penyemprotan disinfektan dosis tingkat satu untuk pencegahan Covid-19.

Lalu, pesan tersebut juga mencantumkan daftar ruas jalan di Jakarta yaitu Jalan Jaksa, Jalan Daan Mogot, Jalan Gajah Mada, Jalan Halim Perdanakusuma, Jalan Hayam Wuruk, Jalan HR Rasuna Said, Jalan Raya Pasar Minggu.

[Gambas:Video CNN]

Jalan Jelakeng, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jalan Laksamana Yos Sudarso, Jalan Lentanan Jenderal MT Haryono, Jalan Letnan Jenderal S Parman, Jalan M.H. Thamrin, Jalan Mayor Jenderal DI Panjaitan, Jalan Sudirman.

Jalan Mayor Jenderal Sutoyo, Jalan Medan Merdeka, Jalan Pangeran, Jalan Prapatan, Jalan Profesor Dokter Satrio, Jalan Raya Bogor, Jalan Senen Raya, Jalan Sisingamangaraja, Jalur Jalan Raya Kota-Pondok labu, Jalan Kramat Raya, Jalan Salemba Raya, Jalan Veteran, dan Jalan Kyai Haji Wahid Hasyim. (jnp, din/mik)