Netizen ke Peserta Gagal SNMPTN 2020: Masih Ada SBMPTN

CNN Indonesia | Rabu, 08/04/2020 17:18 WIB
Netizen memberikan reaksi yang beragam menanggapi hasil seleksi SNMPTN 2020 yang diumumkan hari ini, Rabu (8/4). Ilustrasi SNMPTN 2020. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 resmi dirilis hari ini Rabu (8/4). Menurut data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), ada 96.496 peserta yang lolos.

Topik pembicaraan SNMPTN pun langsung merangsek ke puncak topik terpopuler Twitter. Sebab, warganet menumpahkan perasaan haru-biru mereka. Ada netizen yang gagal lolos SNMPTN, ada juga yang berhasil masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan diharuskan mengikuti SBMPTN 2020.

Sebagian netizen lain memberikan semangat kepada peserta yang tidak lolos jalur SNMPTN.


Seperti yang dicuitkan akun @robertkemall yang mencuitkan rasa syukurnya karena berhasil masuk ke perguruan tinggi yang ia inginkan.




Akun @Ohbell mencuitkan meskipun ia tidak lolos jalur SNMPTN tetapi masih ada kesempatan untuk masuk ke PTN lewat jalur SBMPTN 2020.

"Bye SNMPTN, welcome SBMPTN," kata dia.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi sendiri menetapkan jadwal kegiatan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) 2020 yang sempat diundur karena wabah virus corona (Covid-19).

Pendaftaran UTBK dan SBMPTN bakal dibuka 2-20 Juni 2020. Pelaksanaan UTBK dilakukan mulai 5 sampai 12 Juni 2020. Hasil SBMPTN diumumkan pada 25 Juli 2020.



Sebagian netizen lain memberikan semangat kepada peserta yang tidak lolos jalur SNMPTN.

Seperti yang dicuitkan akun @haynunss, ia memberi selamat kepada peserta yang lolos SNMPTN, sekaligus memberikan semangat kepada yang tidak lolos karena masih ada kesempatan untuk ikut jalur SBMPTN.

"Selamat buat adik-adik yang lolos SNMPTN. Buat yang gagal, jangan putus semangat. Mungkin belum rejeki, Insya Allah rejeki kalian ada di SBMPTN. Semangat!," kata dia.


Uniknya, ada warganet yang mencuitkan bahwa ia lolos SNMPTN jurusan Teknik Kelautan Universitas Bikini Bottom.

Bikini Bottom sendiri merupakan daerah tempat tinggal tokoh kartun populer, Spongebob.



Menurut Ketua LTMPT Mohammad Nasih mengatakan total peserta yang mendaftarkan diri pada SNMPTN 2020 sejak masa pendaftaran dibuka 14 Februari lalu mencapai 489.601.

Dari total peserta yang lolos SNMPTN, jumlah paling banyak didapati berada di Provinsi Jawa Timur.

"[Dari sekolah] di Jawa Timur ada 13.803 peserta yang diterima," ujar Nasih melalui konferensi video, Rabu (8/4).

Peringkat Jawa Timur kemudian disusul Jawa Barat dengan 9.932 peserta, Sumatera Utara dengan 8.771 peserta, Jawa Tengah dengan 7.147 peserta dan Aceh dengan 5.132 peserta.


Sedangkan berdasarkan PTN yang dipilih Universitas Brawijaya menerima peserta SNMPTN paling banyak, yakni sebanyak 4.303 peserta.

Disusul Universitas Pendidikan Indonesia sebanyak 2.692 peserta, Universitas Malikussaleh sebanyak 2.650 peserta, Universitas Negeri Semarang sebanyak 2.510 peserta dan Universitas Jember sebanyak 2.362 peserta.

Data pengumuman bisa diakses melalui portal resmi LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id dengan memasukan nomor pendaftaran dan tanggal lahir peserta SNMPTN atau langsung ke laman pengumuman.snmptn.ac.id.

(din/DAL)

[Gambas:Video CNN]