Jokowi Larang Mudik, Posko APM untuk Istirahat Ditiadakan

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Rabu, 22/04/2020 11:07 WIB
Petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul membagikan peta jalur mudik di jalan Wates, Bantul, DI Yogyakarta, Minggu (3/7). Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul memberikan gratis peta jalur mudik agar para pemudik dapat menghindari titik-titik kemacetan di dalam kota Yogyakarta. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/ama/16 Ilustrasi jalur mudik. (Foto: ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Toyota dan Daihatsu menyatakan tidak akan menyelenggarakan posko mudik seperi musim mudik lebaran tahun-tahun sebelumnya. Keputusan ini menyikapi larangan mudik yang diumumkan Presiden Joko Widodo sebagai bagian dari upaya memutus penyebaran wabah corona.

"Jadi posko mudik tidak ada," kata Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, pada Rabu (22/4).

Posko siaga mudik merupakan program tahunan dari sejumlah agen pemegang merek (APM) di Indonesia menyambut Hari Raya Lebaran Idul Fitri. Ini menjadi layanan yang diberikan masing-masing produsen otomotif kepada konsumennya ketika mudik menggunakan mobil pribadi.


Posko mudik disiagakan di sejumlah titik jalur mudik yang membentang di Pulau Sumatera hingga Pulau Jawa. Pada posko biasanya terdapat bengkel dan tempat istirahat pemudik.

Amelia juga menyambut baik larangan mudik tersebut. Menurut dia perusahaan mendukung, sebab tujuannya dapat memutus mata rantai Covid-19.

"Ini bagus, ya untuk meminimalisasi penyebaran," ucap dia.

Senada dengan Amelia. Direktur Marketing Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi mengatakan Toyota tak akan mendirikan posko mudik pada musim musik lebaran 2020. Toyota disebut bakal fokus pada bengkel siaga di sejumlah wilayah.

Detail mengenai bengkel siaga selama periode larangan mudik ini belum bisa dijelaskan Anton.

"Kami fokus ke bengkel siaga," ucap Anton.

Sementara itu Amelia memaparkan terkait bengkel siaga, Daihatsu bakal menyesuaikan dengan aturan yang berlaku, terutama pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Bengkel ikut aturan pemerintah PSBB, bengkel kan tidak boleh buka," tutur Amelia.

Larangan mudik yang disampaikan Jokowi efektif berlaku mulai Jumat 24 April 2020. Menurut pemerintah larangan ini dikhususkan buat wilayah yang jadi zona merah penyebaran corona. (ryh/mik)

[Gambas:Video CNN]