Satu Akun WhatsApp Disebut Bisa Dipakai Sampai 4 Perangkat

Dini Nur Asih, CNN Indonesia | Selasa, 28/07/2020 13:19 WIB
Menurut WABetaInfo, uji coba satu akun untuk empat perangkat sedang dilakukan melalui pembaruan WhatsApp khusus Android versi beta 2.20.196.8. Ilustrasi. (Foto: (dok. Whatsapp))
Jakarta, CNN Indonesia --

Satu akun WhatsApp dengan nomor yang sama dipakai di banyak perangkat sepertinya bukan isapan jempol belaka. WhatsApp dikabarkan terus menguji fitur baru tersebut untuk menunjang penggunanya.

Laporan itu dihimpun Uber Gizmo dari WABetaInfo yang sering membocorkan fitur-fitur terbaru WhatsApp.

Menurut WABetaInfo, uji coba itu sedang dilakukan melalui pembaruan WhatsApp khusus Android versi beta 2.20.196.8.


"Kami sudah sering berbicara tentang kemungkinan untuk menggunakan akun WhatsApp yang sama di beberapa perangkat. Sebenarnya WhatsApp sedang menguji kemungkinan ini dengan empat perangkat dan fitur ini masih dalam pengembangan," tulis WABetaInfo dikutip Selasa (28/7).

Berdasarkan tangkapan layar pada situs WABetaInfo, perusahaan menyematkan opsi Linked Devices yang berada di ikon titik tiga kanan atas.

Fitur ini menurut WABetaInfo juga akan hadir di WhatsApp web atau desktop.

Sepanjang 2020, WhatsApp memang tengah gencar meluncurkan sejumlah fitur baru baik di perangkat ponsel maupun versi web atau desktop. Salah satunya kode QR untuk menambahkan kontak baru.

Kode QR difungsikan untuk membuat proses penambahan kontak baru menjadi sangat mudah. Dengan fitur ini, Anda nantinya tidak usah menambahkan kontak baru dengan cara memasukkan nomor telepon, hanya pindai kode QR.

Fitur ini akan muncul di pembaruan WhatsApp untuk Android versi 2.20.171 dan versi iOS 2.20.60.27. Caranya:

1. Buka aplikasi WhatsApp
2. Klik ikon titik tiga yang ada di kanan atas dan pilih Settings (Pengaturan)
3. Jika WhatsApp sudah diperbarui, akan ada ikon kode QR di kanan atas
4. Setelah itu Anda akan disuguhkan dua opsi yaitu My Code dan Scan Code untuk memulai tambah kontak

Selain itu ada juga fitur baru yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan video sampai delapan orang.

Ketika ingin fokus ke layar peserta tertentu, pengguna WhatsApp bisa menekan dan menahan video peserta tersebut untuk memaksimalkan videonya ke layar penuh.

WhatsApp juga telah menambahkan ikon video di chat grup dengan 8 peserta atau kurang. Dengan tambahan ini, pengguna akan lebih dimudahkan untuk memulai panggilan video grup dengan sekali ketuk.

(din/mik)

[Gambas:Video CNN]