Profil PS Store Putra Siregar, Tersangka Kasus Ponsel Ilegal

CNN Indonesia | Rabu, 29/07/2020 07:33 WIB
Pemilik toko ponsel PS Store, Putra Siregar, telah diciduk pihak bea cukai lantaran menjual ponsel ilegal.  Penjualan perdana iPhone XS Max, iPhone XS, dan iPhone XR serta Apple Watch series 4 di Jakarta, Jumat, 14 Desember 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan telah menangkap pengusaha Putra Siregar atas dugaan menjual sejumlah ponsel ilegal. DJBC juga telah menyerahkan Putra Siregar dan barang bukti ponsel ilegal ke Kejaksaan Negeri Jakarta Timur.

Sebelum ditangkap, Putra Siregar dikenal sebagai pengusaha ponsel premium dengan harga miring. Selain di toko, dia menjual ponsel melalui situs khusus dan media sosial.

Lewat situs Putra menyajikan beragam jenis ponsel, mulai dari iPhone dan Android. Dia juga menjual tablet, laptop, dan aksesori.


Harga yang ditawarkan Putra lewat situs tersebut cukup miring dibanding distributor resmi. Putra juga kerap menawarkan berbagai macam promo, diskon, hingga hadiah bagi para konsumennya.

Misalnya, dia pernah menyatakan bakal memberikan ponsel gratis sebanyak 100 unit dan uang cash Rp1 miliar.

[Gambas:Instagram]

Selain lewat situs, dia juga menawarkan produknya melalui Instagram dan Facebook. Akun Instagram @pst0re yang saat ini memiliki 2,9 juta pengikut kerap digunakan menggandeng sejumlah artis dan selebgram untuk mempromosikan dagangannya.

Akun pribadi Putra dengan 1,6 juta pengikut juga ikut mempromosikan bisnis yang kadang menampilkan berbagai artis dan selebgram. 

Beberapa kalangan yang terlibat dalam mempromosikan bisnis Putra Siregar adalah Atta Halilintar, @keanuagl, @maell_lee, Anya Geraldine, Raffi Ahmad, Nagita Slavina, hingga Anji.

Seperti hanya di situs resmi, Putra juga kerap mengunggah momen ketika memberikan hadiah ponsel dan bantuan kepada sejumlah pihak.

[Gambas:Instagram]

Sedangkan di Facebook, Putra menyajikan informasi seputar ponsel yang dijualnya dan menjadikan medsos itu sebagai tempat diskusi jual beli hp bekas murah dari Singapura. Akun bernama Putra Siregar Phone Shop Batam itu memiliki 127 ribu pengikut.

Berdasarkan informasi dalam situs PStore, Putra memiliki tempat usaha yang berlokasi di Jl. Raya Condet No.1, RT.4/RW.4, Balekambang, Kec. Kramat Jati, DKI Jakarta.

(jps/fea)

[Gambas:Video CNN]