NASA Luncurkan Misi ke Mars Sore Ini

CNN Indonesia | Kamis, 30/07/2020 13:54 WIB
NASA akan meluncurkan misi ke Mars sore ini dan bisa disaksikan lewat siaran langsung di media sosial NASA. Misi ke Mars NASA meluncur sore ini (AP/John Raoux)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Antarika Amerika (NASA) akan meluncurkan misi ke Mars hari ini.

Misi yang akan membawa rover Perseverance ke planet Mars ini dijadwalkan bakal meluncur 30 Juli 2020 pukul 07:50 pagi waktu setempat atau pukul 18:50 WIB.

Rover untuk misi Mars NASA ini bakal diluncurkan dengan roket United Launch Alliance Atlas V dari Space Lauch Complex 41 di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral, Florida, AS.


Nantinya, peluncuran akan disiarkan langsung lewat berbagai akun media sosial milik NASA seperti di Twitter, YouTube, Facebook, Theta, dan Twitch.

NASA juga membuat kampanye #CountdownToMars! yang bertujuan untuk menghitung mundur pelucuncuran rover Perseverance dengan cara melakukan registrasi secara gratis di https://www.eventbrite.com/e/mars-2020-perseverance-online-launch-participation-registration-109297596052.

"Untuk peluncuran rover Perseverance Mars 2020 kami, kami berharap lebih banyak orang akan bergabung dengan kami saat #CountdownToMars!" kata Administrator Komunikasi NASA, Bettina Inclan, seperti dikutip laman resmi NASA

Sebelumnya, Uni Emirat Arab (UEA) dan China sudah lebih dulu pergi ke planet merah itu. Rover milik NASA diketahui butuh enam bulan untuk mencapai Mars dengan jarak tempuh 300 juta mil.

Setelah sampai di permukaan Mars, rover akan mencari bukti kehidupan mikroskopis masa lalu di sebuah danau kuno yang berada di Kawah Jezero.

Dilansir AP, misi Mars NASA ini menghabiskan total US$8 miliar atau sekitar Rp115 triliun (US$1 = Rp14,499). 

Jika NASA lagi-lagi tidak berhasil meluncurkan Perseverance tepat waktu, maka mereka harus menunggu sampai 2022 karena posisi Bumi, Mars, dan Matahari harus saling sejajar.

Rover Perseverance sendiri memiliki bobot 1,025 kilogram. Nama rover ini ditetapkan NASA berkat usulan siswa Sekolah Menengah Pertama bernama Alexander Mather (13).

Sebelumnya, memang tim NASA menyelenggarakan kontes nasional yang memberikan kesempatan bagi 12 siswa-siswi Amerika Serikat untuk membuat sejarah dengan memberi nama Rover Mars 2020.

Kontes yang melibatkan para siswa itu merupakan bagian dari upaya NASA dalam misinya ke Bulan dan Mars.
 
Selai misi ke Mars, NASA juga menargetkan bisa menempatkan kembali manusia di Bulan tahun 2028 yang dikenal dengan misi Artemis.

(din/eks)

[Gambas:Video CNN]