Notifikasi Grup Whatsapp Bakal Bisa Dibungkam Selamanya

CNN Indonesia | Kamis, 30/07/2020 18:47 WIB
Whatsapp bakal hadirkan fitur untuk membungkam (mute) notifikasi grup Whatsapp selamanya. Ilustrasi. Whatsapp bakal hadirkan fitur untuk matikan notifikasi grup selamanya. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

WhatsApp baru saja menguji fitur baru yang bakal bisa digunakan untuk membungkam notifikasi grup atau mute selamanya.

Saat ini, opsi untuk mematikan suara pesan obrolan grup saat ini hanya tersedia dalam tiga pilihan, yakni 8 jam, 1 minggu, dan 1 tahun. Namun opsi mute selamanya ini tak hanya berlaku untuk grup, bisa juga diterapkan pada chat orang tertentu.

Pada versi beta 2.20.197.3, WhatsApp menghapus pilihan 1 tahun menjadi 'Always' atau selalu. Dengan demikian, notifikasi grup tersebut tak akan terdengar lagi. Hal ini mungkin berguna untuk grup yang dianggap mengganggu namun segan untuk keluar. Sehingga, notifikasi grup itu tak perlu dilihat pengguna.


Sedangkan untuk opsi 8 jam dan 1 minggu kembali normal setelah masa berakhir atau menekan opsi yang dipilih agar kembali normal. Di iPhone, pengguna diminta untuk memilih 'unmute' jika suara pesan obroan grup hendak diaktifkan kembali.

Pembaruan ini baru diuji bagi para pengguna Beta Whatsapp. Pengguna Beta adalah mereka yang kebagian menguji fitur-fitur baru Whatsapp sebelum fitur itu diluncurkan kepada semua pengguna.

Lantaran masih dalam tahap pengembangan sehingga tidak bisa dinikmati semua pengguna WhatsApp. Setelah diuji pengguna Beta, kemungkinan akan ada perbaikan sebelum fitur tersebut benar-benar dirilis.

Melansir WABetaInfo, belum diketahui kapan fitur itu akan selesai menjalani uji coba. Namun, pengguna WhatsApp nampaknya masih bisa tetap menghidupkan suara dari pesan grup jika tidak memilih salahh satu dari tiga opsi yang ditawarkan. 

Melansir Financial Express, WhatsApp terlihat terus menghadirkan fitur baru bagi penggunanya dalam waktu yang relatif berdekatan. Tindakan itu diduga dilakukan untuk merespon para pesaingnya, seperti Telegram dan Signal.

Sebelum fitur untuk suara pesan di grup, WhatsApp juga meluncurkan fitur agar pengguna bisa menggunakan satu akun di beberapa perangkat ponsel secara bersamaan.

Tak hanya itu, WhatsApp juga menghadirkan stiker animasi baru yang bisa didapat secara gratis atau membelinya di toko Stiker.



(jps/eks)

[Gambas:Video CNN]