Cara Membuat Tabel di Word

CNN Indonesia
Rabu, 19 Aug 2020 11:13 WIB
Fungsi tabel di Word bisa beragam sesuai kebutuhan, namun satu yang pasti tabel akan memudahkan kita mengorganisir dan merangkum data-data dalam satu tempat. Aplikasi Microsoft Word dilengkapi dengan fitur tabel. (Foto: Istockphoto/Mutlu Kurtbas)
, CNN Indonesia --

Sebagai layanan pengolah kata, aplikasi Microsoft Word dilengkapi dengan fitur tabel. Cara membuat tabel di Word sendiri tidak sulit sebab hanya dengan satu ketukan pada toolbar menu yang terletak di atas aplikasi anda sudah bisa membuatnya.

Kendati begitu mungkin yang masih agak sulit diketahui adalah fitur lanjutan setelah membuatnya, mulai dari tata cara meletakkan tabel sesuai keinginan, mencampurkan tabel menjadi satu.

Kemudian memindahkan tabel dari satu halaman ke halaman lain, membuat penomoran di tabel secara otomatis, hingga mengkonversi teks menjadi tabel.


Fungsi tabel di Word bisa beragam tergantung kebutuhan, namun satu yang pasti tabel akan memudahkan kita mengorganisir dan merangkum data-data yang banyak dalam satu tempat.

Cara Membuat Tabel di Microsoft Word:

Seperti sudah dijelaskan di atas cara membuat tabel di Microsoft Word cukup mudah, anda tinggal ikuti langkah-langkah berikut:

1. Lewat Tools
- Buka aplikasi Microsoft word anda pada komputer atau laptop
-  Lalu masuk ke bagian menu "Insert"
- Pada menu "Insert" tadi pilih "Table" atau simbol berbentuk kotak-kotak
- Kemudian tekan itu dan pilih berapa banyak kolom dan baris yang anda butuhkan
- Setelah itu tabel akan tersedia di lembaran kerja Microsoft word anda

2. Lewat Insert Table
- Masih pada menu "Insert"
- Kemudian ke menu "Table", dalam menu tersebut ada beberapa pilihan, mulai dari "Insert Table", "Draw Table", "Convert Text to Table", "Excel Spreadsheet" dan "Quick Table"
-  Anda pilih "Insert Table" kemudian ada tulisan "Number of Column" itu artinya jumlah kolom tabel yang ingin anda buat" dan "Number of rows" yang berarti jumlah baris yang anda inginkan
- Isi kedua hal tersebut.

3. Lewat Draw Table
- Pada menu-menu yang telah dijelaskan di atas anda tinggal pilih menu "Draw Table"
- Gunakan trackpad pada laptop atau mouse untuk menggambar tabel yang anda inginkan
- Pertama akan diarahkan untuk membuat garis batas luar tabel
- Selanjutnya anda harus menggambar ke bawah di dalam tabel untuk menambahkan kolom, atau secara horizontal untuk menambahkan baris.
Itu adalah beberapa cara membuat tabel di word. Tidak begitu sulit bukan? Selanjutnya adalah fitur lanjutan yang bisa turut wajib anda ketahui dari tabel di Microsoft Word.

Berikut ulasan cara membuat tabel di Word:

Memposisikan Tabel dalam Halaman

Langkah selanjutnya setelah tabel dibuat adalah mengetahui memposisikan tabel dalam halaman supaya lembar kerja anda rapih. Berikut caranya:
- Klik kanan pada trackpad atau mouse di tabel yang telah anda buat
- Kemudian pilih "Table Properties" dari "Context menu"
(Table properties akan memungkinkan anda mengatur ukuran data dalam tabel yang telah dibuat serta bentuk tabel. Selain itu bisa juga untuk mengatur mulai dari ukuran tabel, penjajaran letak, hingga lekukan.)
- Kemudian akan muncul beberapa menu, secara standar tabel yang telah dibuat akan menunjukkan alignment (penjajaran letak) di sebelah kiri atau "Left" pada menu.
- Jika anda ingin memindahkan letak jadi ke tengah silahkan pilih "center" pada kotak dialog, jika ingin memilih rata kanan silahkan pilih "right"
- Lalu tekan "Ok" di bagian bawah Table Properties.
- Pengaturan posisi tabel dapat anda sesuaikan dengan teks di sekitarnya agar tampilannya estetis.
Untuk memisahkan tabel dari satu kesatuan dengan teks pada lembar kerja dalam Table Properties di bagian bawah ada dua hal yakni "Move with text" dan "Allow overlap" yang sudah di centang. Lepaskan centang itu agar anda bisa fleksibel memindahkan tabel.
Konversi Teks Menjadi Tabel Secara Mudah
Selain membuat tabel kosong, anda bisa memindahkan teks yang telah ditulis di lembar kerja langsung ke dalam tabel dengan cara berikut:
- Silahkan drop area pada teks yang ingin anda buat dalam tabel
- Kemudian buka menu "Insert"
- Setelah itu ke bagian "Table" dan akan ada empat menu yang tertera. Anda tinggal pilih "Convert Text to Table"
- Tabel selanjutnya akan membungkus teks yang telah anda drop tadi

Itu adalah beberapa cara membuat tabel di Word. Tidak terlalu sulit bukan? Bagi anda yang masih merasa kesulitan, Microsoft Word menyediakan layanan bantuan di bagian pojok kanan atas dalam bentuk tanda tanya.

(ndn/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER