Cara Membuat Grafik dengan Microsoft Word 2016

CNN Indonesia | Jumat, 10/07/2020 20:55 WIB
Cindy Tan, pemandu wisata, harus beradaptasi dengan wisata gaya baru. Kini ia memandu wisata virtual bermodal koneksi internet dan laptop. Berikut cara membuat grafik menggunakan Microsoft Word 2016. Ilustrasi (Dok. Pribadi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Microsoft Word memiliki fitur grafik yang bisa digunakan untuk menampilkan gambar data seperti yang biasa dikerjakan melalui Excel. Tak heran jika banyak orang mulai mencari cara membuat grafik dengan Microsoft Word yang dapat dikebut secara praktis.

Penggunaan grafik tentu tak jauh berbeda, grafik pada dasarnya mampu mempermudah pembaca memahami data yang disajikan. Kemudahan itu didapatkan dari bentuk representatif data angka yang dipermak menjadi lebih sederhana dan singkat melalui gambar atau pola.

Cara Membuat Grafik dengan Microsoft Word dalam 5 Menit

Berikut ini adalah panduan atau cara membuat grafik dengan Microsoft Word 2016 yang dapat pengguna kerjakan tak sampai menghabiskan waktu 10 menit.


ilustrasi grafik chartCara membuat grafik menggunakan Microsoft Word 2016 adalah dengan memilih Chart pada menu Illustration. (Foto: istockphoto/ the8monkey)

1. Buka aplikasi Microsoft Word
2. Klik tab 'Insert' di menu toolbar
3. Pilih menu 'Charts' dalam kelompok Illustrations
4. Muncul pop-up kotak dialog Insert Chart
5. Akan tampil 15 jenis grafik yang bisa dipilih sesuai kebutuhan
6. Klik 'ok'
7. Sebuah grafik dan jendela spreadsheet akan muncul
8. Isi spreadsheet dengan data sendiri
9. Setelah selesai mengolah data, klik Close (X)
10. Untuk mengedit grafik, cukup klik Edit Data pada tab Design di menu toolbar

Mengenal Bagian di dalam Grafik Microsoft Word  

Pengguna juga perlu mengetahui bagian-bagian dari grafik Microsoft Word yang setidaknya dapat memberikan pengetahuan sebelum melanjutkan dengan pembuatan grafik. Berikut ini adalah bagian dalam grafik yang perlu diketahui pengguna.

  • - Horizontal Axis (Sumbu horizontal) yang sering disebut sumbu X yang berisikan informasi yang ingin disajikan yang merupakan representasi dari baris
  • - Vertical Axis (Sumbu vertikal) yang sering disebut sumbu Y merupakan pengukuran nilai dari kolom
  • - Chart Title merupakan judul grafik yang menggambarkan secara singkat, padat dan mudah dimengerti
  • - Data Series merupakan data yang terdiri dari titik-titik data yang terkait di dalam sebuah grafik
  • - Legend, yang memiliki fungsi untuk mengidentifikasi setiap seri data yang merepresentasikan warna dan bentuk grafik

Mengenal Tipe Grafik Microsoft Word

Grafik merupakan representasi data yang ditampilkan secara visual, oleh sebab itu tentu saja tidak semua data dapat digunakan pada grafik tertentu dan sebaliknya.

ilustrasi grafik chartTerdapat 15 tipe grafik dalam Microsoft Word 2016 yang bisa dipilih sesuai kebutuhan (Foto: iStockphoto/OnstOn)

Pengguna perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja kebutuhan data dan variabel yang sesuai dan akan ditampilkan. Berikut ini adalah tipe-tipe atau model grafik di Microsoft Word yang dapat pengguna pahami secara singkat terkait penggunaannya:

Column Chart

Column Chart atau yang sering juga disebut diagram batang dalam fungsinya digunakan untuk membandingkan nilai lintas kategori dengan menggunakan batang. Grafik jenis ini sangat cocok digunakan untuk membandingkan data dalam kurun waktu tertentu.

Line Chart

Line Chart ini sangat cocok digunakan untuk menunjukkan sebuah tren, serta lebih bagus jika memiliki data sumbu X yang variatif. Data yang digunakan untuk grafik ini akan menunjukkan perbandingan naik turunnya suatu tren.

Pie Chart

Pie Chart digunakan untuk menampilkan kontribusi setiap nilai (slice) ke total (pie). Pie Chart ini digunakan untuk menunjukkan jumlah suatu item dalam data secara proporsional. Selain itu, pie chart selalu menggunakan satu seri data karena fungsinya untuk menunjukkan hasil dalam persentase.

Bar Chart

Bar Chart adalah versi horizontal dari bagan kolom, biasanya digunakan untuk data yang memiliki jumlah yang banyak.

Area Chart

Area Chart ini merupakan grafik data dengan warna penuh yang menunjukkan data kuantitatif. Warna tersebut dapat dihubungkan dengan line charts. Gunakan bagan area berwarna untuk menampilkan kontribusi dari setiap nilai ke total dari waktu ke waktu

XY (Scatter Chart)

Scatter Chart yang terlihat seperti bulatan titik-titik kecil ini digunakan untuk membuat grafik nilai XY. Scatter Chart sering digunakan untuk mencari tahu apakah ada hubungan antara variabel X dan Y.

Stock Charts

Stock Charts banyak digunakan untuk menggambarkan fluktuasi harga stok. Namanya pun representasi dari istilah Pasar Saham karena grafik jenis ini paling sering digunakan untuk melacak harga saham.

Surface Chart

Surface Chart sangat berguna ketika pengguna ingin menemukan kombinasi optimal antara dua penyajian data. Seperti dalam peta topografi, warna dan pola menunjukkan area yang berada dalam rentang nilai yang sama.

Radar Chart

Radar Chart atau kerap disebut grafik laba-laba adalah metode grafis untuk menampilkan data multi variabel dalam bentuk bagan dua dimensi dari tiga atau lebih variabel kuantitatif yang diwakili pada sumbu yang dimulai dari titik yang sama.

Treemap Charts

Sebuah grafik yang lebih kepada hirarki terstruktur data yang ditampilkan. Data muncul sebagai persegi panjang yang berisi persegi panjang lainnya, atau satu data tergabung di dalamnya yang lebih kompleks.

Sunburst Chart

Grafik yang berbentuk lingkaran cincin, terdapat cincin di luar dan dalam yang saling berhubungan dan menunjukkan kedudukan hirarki.

Histogram Charts

Grafik histogram yang menunjukkan data numerik dalam bentuk grafik batang, tabulasi frekuensi yang digambarkan dengan grafis batangan sebagai manifestasi data binning.

Box & Whisker Charts

Grafik berbentuk kotak yang berfungsi menunjukkan data ke dalam bentuk kuartil

Waterfall Charts

Grafik yang memiliki bentuk seperti diagram batang yang memiliki warna dan tingkatan tertentu, biasanya grafik seperti ini cocok sebagai visualisasi laporan keuangan untuk menavigasi data tentang populasi, kelahiran dan kematian.

Combo Charts

Bentuk dari grafik kombinasi dari beberapa model grafik sekaligus. Grafik ini dapat mengkombinasikan grafik kolom dengan grafik garis dan lain sebagainya.

Nah, usai mengetahui cara membuat grafik dengan Microsoft Word yang telah diulas secara singkat, ada baiknya pengguna langsung mempraktekkan pola data yang ada dengan fitur grafik yang telah difasilitasi.

Penggunaan grafik ini dapat membuat pekerjaan semakin efisien dan ringkas saat menjelaskan materi baik kepada guru, dosen,bos hingga klien bisnis. 

(khr/eks)

[Gambas:Video CNN]