Ahli Teori Konspirasi Klaim Temukan Fosil Ikan di Mars

Jonathan Patrick, CNN Indonesia | Senin, 03/08/2020 08:18 WIB
Para ahli mengklaim menemukan ikan tembakul atau mudskipper di Mars. Ilustrasi. (Foto: Seotaro (Wikipedia))
Jakarta, CNN Indonesia --

Ahli teori konspirasi mengklaim telah menemukan ikan tembakul atau mudskipper di Mars dari foto-foto alat penjelajah Curiosity milik NASA yang dipublikasi di MARS Gigapan.

Para pemburu alien mengatakan penemuan ini menunjukkan bahwa Mars pernah dihuni binatang dan pernah mengandung banyak air. Pemburu alien terkemuka, Scott C. Waring di blognya mengatakan menemukan ikan tembakul di MARS di salah satu foto MARS Gigapan.

Waring juga membagikan foto itu di kanal YouTube miliknya, yaitu ET Data Base.


Waring mengatakan mudskipper adalah ikan yang sering memilih untuk hidup di darat, lumpur, batu, dan pasir. Ikan mampu melompat saat terkejut dan menyelam ke daerah perairan terdekat ketika merasa bahaya. Foto dari NASA disebut Waring terlihat seperti fosil kuno dari ikan seperti itu.

"Fosil ini adalah bukti mutlak bahwa ada banyak sekali air di Mars," kata Waring.

Akan tetapi, NASA mengatakan objek berbentuk ikan dan temuan serupa lainnya hanya efek pareidolia. Efek ini adalah sebuah fenomena psikologis ketika otak mengelabui mata untuk melihat benda-benda atau bentuk-bentuk yang sudah dikenal dalam pola atau tekstur seperti permukaan batu.

"Pareidolia adalah fenomena psikologis di mana orang melihat bentuk yang dapat dikenali di awan, formasi batuan, atau benda atau data yang tidak terkait. Ada banyak contoh fenomena ini di Bumi dan di luar angkasa," ujar NASA.

Temuan baru lainnya yang diduga mendukung argumen adanya kehidupan di Mars adalah penemuan patung dewa Mars. Patung yang terlihat ditemukan tersembunyi di antara dua tebing Mars. Waring mengklaim itu terbuat dari tembaga atau logam emas.

"Sambil melihat-lihat beberapa foto Mars, saya menemukan sosok aneh yang tersembunyi di bagian bawah lereng bukit. Sosok itu terlihat seperti terbuat dari tembaga atau logam emas. Saya tahu ini karena warnanya sangat berbeda dengan warna di sekitarnya," ujar Waring.

Dilansir dari Express, Waring mengatakan patung itu kemungkinan adalah seorang dewa yang dipercayai oleh makhluk-makhluk di Mars. Patung itu sendiri memiliki kepala, dada tebal dengan jubah panjang yang menutupi itu, sebuah buku besar atau perisai di satu lengan.

"Penemuan yang sangat menakjubkan dan bukti mutlak bahwa alien cerdas kuno tidak hanya hidup di Mars, tetapi juga berdoa di Mars," kata Waring.

Penemuan objek aneh seperti buatan makhluk di Mars bukan kali ini saja terjadi. Orang-orang yang percaya terhadap keberadaan alien atau kehidupan di luar Bumi bahkan mengatakan telah melihat pahatan wajah, tulang, hingga bangunan di Mars. Fosil ikan juga diklaim pernah ditemukan di Mars.

Rover Curiosity NASA menangkap formasi bebatuan yang tidak biasa. Bentuk batu dan pencahayaan pada saat foto bergabung untuk menciptakan tampilan gambar mencurigakan yang akan menghebohkan para penggemar alien dan UFO.

NASA sendiri telah menjawab terkait penemuan objek seperti fosil tulang dan hewan di Mars.

"Mars kemungkinan tidak pernah memiliki cukup oksigen di atmosfernya dan di tempat lain untuk mendukung organisme yang lebih kompleks. Dengan demikian, fosil besar tidak mungkin terjadi," kata NASA.

[Gambas:Youtube]

(jnp/mik)