Fungsi dan Cara Kerja Busi

CNN Indonesia | Selasa, 04/08/2020 21:00 WIB
Fungsi utama busi yakni untuk membakar campuran bahan bakar dan udara yang sudah dikompresi. Fungsi busi membakar campuran bahan bakar dan udara yang sudah dikompresi. (istockphoto/EvgeniyaTiplyashina)
Jakarta, CNN Indonesia --

Fungsi busi pada kendaraan yaitu membakar campuran bensin dengan udara yang telah dikompres oleh gerakan piston. Berdasarkan cara kerja busi, bisa dikatakan komponen ini vital dalam proses pembakaran mesin bensin ataupun diesel.

Artinya tanpa busi proses pembakaran di ruang bakar mesin tidak akan pernah terjadi dan semua komponen terkait sistem gerak tidak akan berfungsi sebagaimana tugasnya masing-masing.

Fungsi lain busi yang juga mesti dipahami yakni penarik energi panas yang tidak diinginkan dari ruang bakar lalu memindahkannya ke sistem pendingin yang ada pada kendaraan.


Busi atau dikenal bougie dalam bahasa Belanda ini berbeda-beda pada tiap mesin tergantung akomodasi pembakaran yang dibutuhkan agar bisa menggertak mesin untuk menyala kemudian terus bergerak.

Kendati ukurannya kecil busi terdiri dari komponen yang cukup banyak dan kompleks. Berikut adalah beberapa komponen tersebut:

1. Terminal
Terletak pada bagian pucuk busi, menghubungkan busi dengan sistem pengapian dan terbuat dari besi.

2. Insulator Keramik
Bagian yang terbuat dari keramik atau porselen ini terletak setelah terminal. Berfungsi untuk menopang mekanik inti elektroda yang ada di tengah serta menjadi isulator listrik tegangan tinggi yang mengalir pada inti elektroda.

3. Hex
Ukuran hex menentukan soket yang diperlukan untuk instalasi busi pada kendaraan.

4. Insulator Tip
Ujung insulator ini adalah area yang mengalami pembakaran sebab itu dibuat dari material tahan temperatur tinggi. Ketahanannya bisa sampai 650 derajat celcius dan tegangan listrik sampai 60.000 volt.

5. Gasket
Bergungsi agar kompresi dari ruang bakar tidak ada yang keluar lewat celah-celah busi.

6. Metal Case
Berada pada bagian seat di busi yang berfungsi untuk mengunci busi ke silinder head. Selain itu dapat berfungsi sebagai material konduksi yang mempunyai daya hantar panas baik.

7. Center Electrode
Biasa disebut juga kepala busi yang menjadi pengantar energi listrik dan terhubung ke terminal. Terbuat dari kombinasi tembaga, besi, nikel, dan logam.

8. Ground
Ujung busi yang bersentuhan langsung dengan badan kendaraan

spark plugsCara kerja busi. (istockphoto/:ViktoriiaNovokhatska)

Cara Kerja Busi

Busi terhubung dengan listrik tegangan tinggi yang dihasilkan koil pengapian. Saat elektron mengalir dari koil melalui kepala busi tercipta perbedaan tegangan listrik antara bagian tengah dan samping pada elektroda.

Pada saat itu tidak ada arus yang dapat mengalir ini karena gas campuran bahan bakar dan udara yang terdapat di celah masih berfungsi sebagai insulator. Namun seiring tegangan yang terus naik, hal ini mengubah struktur gas itu.

Ketika tegangan cukup maka gas bakal terionisasi dan berubah menjadi konduktor kemudian membuat elektron-elektron bisa melintasi celah.

Busi biasanya membutuhkan tegangan lebih dari 20.000 volt agar menyala dengan benar. Ketika arus elektron terus bertambah melintasi celah, temperatur bisa meningkat sampai 60.000 Kelvin (59.000 derajat celcius).

Panas yang kuat itu menyebabkan gas yang telah terionisasi meluas dengan sangat cepat, seperti ledakan kecil dan berbunyi 'klik' saat terjadi percikan.

Panas dan tekanan tinggi memaksa gas bereaksi satu sama lain dan pada akhir periode percikan terdapat bola api kecil yang ukurannya tergantung campuran bahan bakar dan udara.

Jika bola api itu berukuran kecil dikenal dengan istilah pengapian mundur, sementara yang terlalu besar disebut pengapian maju. Produsen kendaraan telah mengatur sedemikian rupa waktu tepat pengapian yang ditentukan oleh kondisi mesin dan anjuran jenis bahan bakar.

Itu adalah penjelasan fungsi busi dan cara kerja busi. Komponen penting pada kendaraan ini ada baiknya dirawat berkala sesuai anjuran buku manual sebab sekuat apapun si kecil bisa hancur juga karena pemakaian.

(ndn/fea)

[Gambas:Video CNN]