WhatsApp Rilis Fitur Baru Cek Pesan Viral

CNN Indonesia | Selasa, 04/08/2020 20:28 WIB
Fitur baru WhatsApp cek fakta mandiri itu akan muncul dalam bentuk kaca pembesar di sebelah pesan viral yang diterima pengguna. Ilustrasi WhatsApp. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

WhatsApp merilis fitur baru yang akan memungkinkan pengguna untuk memeriksa kebenaran pesan yang diteruskan oleh pengguna lain. Fitur cek fakta mandiri itu akan muncul dalam bentuk kaca pembesar di sebelah pesan viral yang diterima pengguna.

Dengan cara mengetuk ikon kaca pembesar, WhatsApp akan menanyakan kepada pengguna apakah mereka ingin mencari pesan yang diteruskan oleh pengguna lain di Google.

Melansir Gizmochina, ikon kaca pembesar akan muncul di sebelah pesan apapun yang telah diteruskan ke lima orang atau lebih. Ikon itu juga bertujuan memberi para penggunanya kemampuan untuk segera memeriksa fakta dari pesan viral yang diterimanya.


Dalam sebuah contoh yang ditampilkan Whatsapp, situs pencarian menampilkan tiga situs cek fakta menyangkal sebuah situs web yang mengklaim bahwa minum air bawang putih segar akan menyembuhkan Covid-19.

Melansir The Verge, WhatsApp sempat diperumit oleh fitur enkripsi end-to-end, yang mencegahnya dapat melihat konten dari setiap pesan yang dikirim pada layanan.

Dengan fitur pencarian baru, WhatsApp memberi pengguna kemampuan untuk memeriksa fakta sendiri, bukan perusahaan secara proaktif memindai pesan mengecek.

WhatsApp mengatakan bahwa pesan apa pun yang dipilih pengguna untuk dicari dikirim langsung ke peramban mereka tanpa diketahui oleh WhatsApp.

Fitur pencarian itu baru bisa dinikmati pengguna iOS, Android, dan Web di Brasil, Italia, Irlandia, Meksiko, Spanyol, Inggris, dan Amerika Serikat. Menurut pantauan CNNIndonesia.com, fitur tersebut belum bisa dinikmati di Indonesia.

(jps/DAL)

[Gambas:Video CNN]