Instagram Reels ala TikTok Rilis di 50 Negara, RI Belum Ada

CNN Indonesia | Jumat, 07/08/2020 22:00 WIB
Instagram resmi meluncurkan fitur Reels yang serupa dengan TikTok di 50 negara. Ilustrasi Instagram. (Dok. Instagram).
Jakarta, CNN Indonesia --

Instagram resmi meluncurkan fitur Reels yang serupa dengan TikTok di 50 negara. Fitur ini memungkinkan orang merekam dan mengedit video berdurasi 15 detik yang disambungkan ke musik dan audio.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, Indonesia belum kebagian fitur Reels. Sebab fitur itu tidak ditemui di aplikasi Instagram.

Peluncuran Reels ini dilakukan di saat TikTok dipertimbangkan untuk diblokir di Amerika Serikat karena dicurigai menjadi alat spionase China. Aplikasi bahkan sudah diblokir di India.


Reels diluncurkan di lebih dari 50 negara saat ini, termasuk AS, Inggris, Jepang, dan Australia, baik di iOS dan Android. Mirip dengan TikTok, Reels memungkinkan orang membuat video pendek yang disambungkan ke musik.

Fitur ini dianggap merupakan cara baru bagi Instagram untuk menambah jumlah pengguna, menambah durasi pemakaian aplikasi per hari.

Penyanyi Selena Gomez sudah menjajal Reels dan meraih jumlah tayangan sebanyak 9 juta kali dalam waktu 2 jam.

Peluncuran Reels datang ketika TikTok menghadapi kemungkinan larangan di Amerika Serikat oleh Presiden Donald Trump atau kemungkinan akuisisi sebagian oleh Microsoft.

Di sisi lain, ByteDance sebagai pemilik TikTok menuduh Facebook sebagai perusahaan induk Instagram telah meniru TikTok ke dalam Instagram Reels.

Dilansir dari The Verge, Direktur Produk Instagram, Robby Stein merespons tuduhan tersebut dengan mengatakan bahwa format Instagram Reels berbeda dengan TikTok. Namun ia mengakui TikTok memang mempopulerkan fitur berbagi video pendek.

Instagram Reels memang harus mengejar TikTok mengingat aplikasi dari China itu telah diunduh lebih dari 2 miliar kali.

Sementara itu, Instagram memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan. Akan tetapi, platform Instagram yang telah berada sejak lama membuat penggunanya mau menggunakan fitur Reels.

Dilansir dari CNET, bagi orang-orang yang enggan mengunduh TikTok, Reels bisa menjadi pembuka jalan bagi mereka untuk menjajal fitur berbagi video pendek.

(DAL/DAL)

[Gambas:Video CNN]