Netizen Kecam Youtuber Turah Parthayana soal Dugaan Pelecehan

CNN Indonesia | Kamis, 06/08/2020 16:34 WIB
Netizen mengeluarkan reaksi beragam terkait mahasiswa RI di Rusia yang juga Youtuber, Turah Parthayana diduga melakukan tindak pelecehan seksual. Ilustrasi pelecehan seksual Youtuber. (Istockphoto/Coldsnowstorm)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang mahasiswa asal Indonesia di Rusia yang juga dikenal sebagai Youtuber, Turah Parthayana diduga melakukan tindak pelecehan seksual terhadap mahasiswi asal Indonesia berinisial JA. Kedunya merupakan pelajar WNI yang tengah menuntut ilmu di kota Tomsk, Rusia.

Dugaan pelecehan seksual yang dilakukan Turah terhadap JA lantas menjadi perbincangan hangat dan menjadi topik terpopuler nomer satu di media sosial Twitter. Sejak informasi pelecehan tersebar, perbincangan mengenai Turah sudah lebih dari 22 ribu cuitan.

Salah satu akun yang berkomentar tentang tindakan yang diduga dilakukan oleh Turah adalah @alamsyahp777. Dia mengaku terkejut Turah melakukan tindakan tersebut. Dia juga memberikan semangat kepada JA yang berani menyampaikan dugaan tindak pidana tersebut.


"Gak nyangka turah bisa ngelakuin pelecehan seksual kek gini.gua kra dia anak baik.tapi ternyata.... Ya sudahlah.Dan untuk kak J tetep kuat dan semangat ya.gak gampang loh buat speak up kek gini," kicau @alamsyahp777.

Sedangkan akun @artic_le berharap masalah yang melibatkan Turah bisa segera selesai. Dia juga memberi apresiasi dan semangat kepada korban dalam menghadapi masalah tersebut.

"Turah, kamu salah, kamu juga udah mengakui, korban emang harus speakup biar gaada korban selanjutnya dan jg sanksi untuk kamu. Tapi kamu udh berani ngadepin masalah, manusia pasti sempet buat dosa. Semoga masalahnya cepet selesai yaa, dan korban kamu kuat, semangat ya," kicau @artic_le.

Di sisi lain, banyak akun yang mempertanyakan siapa sosok Turah. Beberapa akun mengira Turah yang ramai diperbincangkan adalah akun Instagram Lambe Turah.

"Turah siapaa oyyy. Gue taunya Lambe Turah :((," kicau @noviahergiani.

"Lah, lihat trending Turah dari kemarin gue kira lagi ngomongin akun Instagram Lambe Turah, ternyata nama orang toh! Bcos I don't know him," kicau @iniAsna.

Perihal dugaan pelecehan itu pun sudah dikonfirmasi pihak manajemen Turah selaku pembuat konten (content creator). Lewat utas di akun twitter-nya, Jehian Panangian Sijabat yang menyatakan sebagai manajer Turah membenarkan rekannya tidak menyangkal adanya dugaan kasus pelecehan seksual ini.

CNNIndonesia.com telah menghubungi Jehian secara personal, namun belum mendapat respons. Kendati demikian, CNNIndonesia.com telah mendapatkan izin dari Asistan Manajer Turah, Diana, untuk mengutip utas yang dipublikasikan di twitter Jehian (@JehianPs) pada Kamis (6/8) pagi.

"Saya sebagai Manager dari TP merasa malu dan gagal mendidik talent saya, dan menyatakan penyesalan sama kepada pihak korban, terkhusus saudari JA. Saya merasa menyesal tidak mengetahui informasi ini lebih cepat," tulis Jehian dalam utas tersebut.

Jehian turut menjelaskan kronologi versi Turah, Gokma dan Sandi. Menurut Gokma dan Turah, permohonan maaf dan penyesalan telah dilakukan pada pertemuan pertama yang dihadiri pihak korban, pelaku, dan PPI Tomsk.

"TP dikeluarkan dari kepanitiaan yang sedang ia jalani [disertai dengan pengunduran diri dari PPI Tomsk oleh TP pribadi]," tutur Jehian.

Selain itu Turah telah diberikan sanksi sosial, seperti surat pernyataan dari PPI Tomsk, hingga pindah asrama. Surat itu sendiri kemudian tersebar bukan hanya di PPI Tomsk, tapi ke jaringan mahasiswa Indonesia di seluruh Rusia sebelum akhirnya viral.

Jeihan menduga korban merasa Turah belum menyampaikan klarifikasi yang benar dan penuh usai pertemuan pertama. Alhasil JA pun menuntut PPI Tomks menggelar audiensi atau pertemuan kedua dengan Turah.



(jps/DAL)

[Gambas:Video CNN]