Toyota Tak Mau Corolla Cross 7 Penumpang Seperti Fortuner

CNN Indonesia | Jumat, 07/08/2020 08:05 WIB
Menurut Toyota Astra Motor pihaknya sudah puas dengan pencapaian SUV tujuh penumpang Rush dan Fortuner. Toyota Corolla Cross. (Dok. Toyota Astra Motor)
Jakarta, CNN Indonesia --

Toyota Astra Motor (TAM) memastikan Corolla Cross tidak tersedia versi tiga baris jok yang muat tujuh penumpang. Strategi ini dipercaya berguna buat mengurangi peluang bersaing dengan Fortuner, namun menguatkan gesekan dengan C-HR.

Menurut Direktur Marketing TAM Anton Jimmi, pihaknya sudah cukup puas dengan Rush dan Fortuner sebagai dua model SUV tujuh penumpang yang ditawarkan perusahaan. Kedua model ini dikatakan sudah berkontribusi signifikan terhadap penjualan Toyota.

"Karena SUV tujuh penumpang kami sudah punya. Beberapa model yaitu Rush dan Fortuner," kata Anton dalam diskusi virtual, Kamis (6/8).


Anton mengatakan yang dibutuhkan perusahaan saat ini yaitu model SUV lima penumpang sebab pada segmen tersebut TAM baru mempunyai satu model, yakni C-HR.

"Fortuner dan Rush masih sangat baik. Justru Toyota kekurangan model compact SUV, maka kami sengaja masuk ke segmen ini," ucap Anton.

Anton berpendapat Rush menyasar calon pembeli pertama atau seseorang yang hendak membeli mobil untuk pertama kalinya. Sementara Fortuner merupakan mobil utama yang biasa digunakan pemilik dalam mobilitas sehari-hari.

Sedangkan Corolla Cross ditargetkan menjadi kendaraan tambahan atau mobil kedua dan ketiga.

"Lima penumpang ini biasa jadi mobil tambahan, seperti mobil kedua atau ketiga. Jadi ini melengkapi line up yang sudah ada," kata Anton.

Toyota Corolla Cross.Toyota Corolla Cross. (Dok. Toyota Astra Motor)

Corolla Cross memiliki ukuran bodi panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm. Sementara platform yang digunakan yakni Toyota New Global Architecture C (TNGA-C).

Corolla Cross ditawarkan dalam dua varian yakni mesin bensin dan Hybrid Electric Vehicle (HEV). Varian bensin didukung mesin 1.800 cc 2ZR-FE yang mampu mencapai tenaga maksimum 138 hp pada 6.400 rpm dan torsi 171 Nm pasa 4.000 rpm

Sedangkan hybrid tersemat mesin dengan kode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i yang sanggup menghasilkan 96 hp dan torsi 142 Nm. Kemudian motor listriknya mampu menghasilkan 71 hp dan torsi sebesar 162 Nm.

Di Indonesia Corolla Cross dijual Rp457,8 juta untuk varian mesin bensin, sedangkan hybrid Rp497,8 juta. Target penjualan mobil impor utuh Thailand ini 200 unit sebulan.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]