Boeing Produksi Tongkat Ultraviolet Cegah Penyebaran Covid-19

CNN Indonesia | Rabu, 26/08/2020 12:38 WIB
Pembuatan tongkat UV pesawat Boeing itu didorong oleh tingginya kekhawatiran pekerja dan penumpang maskapai soal penyebaran Covid-19. Ilustrasi sinar UV bunuh Covid-19 di pesawat. (iStockphoto/alvintus)
Jakarta, CNN Indonesia --

Produsen pesawat Boeing menyatakan sedang mengembangkan perangkat sinar UV atau ultraviolet berbentuk tongkat yang bisa digunakan untuk membunuh bakteri dan virus, termasuk Covid-19.

Pengembangan perangkat ini merupakan bagian dari rangkaian metode desinfeksi permukaan kokpit pesawat serta di kabin pesawat.

Teknologi baru oleh Boeing itu didorong oleh tingginya kekhawatiran pekerja dan penumpang maskapai soal penyebaran Covid-19. Kekhawatiran itu mendorong Boeing untuk mengeluarkan teknologi untuk sanitasi pesawat.


Tongkat pemancar sinar ultraviolet itu akan menggantikan fungsi alkohol atau desinfektan lainnya yang dianggap bisa merusak peralatan elektronik.

Lebih lanjut, Boeing saat ini sedang mempertimbangkan untuk membuat lisensi tongkat UV tersebut. Tak hanya itu, Boeing juga akan menggandeng  perusahaan pihak ketiga untuk memulai produksi tongkat UV.

Boeing telah mengerjakan teknologi tersebut dengan 13 maskapai penerbangan. Boeing mengklaim minat yang tinggi terhadap tongkat UV tersebut

Tongkat UV dianggap bisa menjadi andalan para maskapai untuk meningkatkan kepercayaan penumpang terhadap kebersihan kapal yang menurun akibat pandemi Covid-19.

Dilansir dari Fox Business, akibat pandemi Covid-19 yang mendorong protokol kesehatan  banyak maskapai penerbangan mulai menggunakan disinfektan elektrostatik yang membunuh virus saat bersentuhan dengan alat.

Dilansir dari The Star, maskapai juga mengembangkan semprotan anti mikroba yang membentuk lapisan selama 30 hari. Boeing juga menguji lapisan anti mikroba untuk permukaan pesawat.

(jnp/DAL)

[Gambas:Video CNN]