Cara Pakai Google Lens, Jawab Soal Matematika Hingga Kimia

CNN Indonesia | Jumat, 04/09/2020 00:00 WIB
Google meluncurkan fitur tambahan pada Google Lens yang akan membuat pengguna bisa membantu menyelesaikan soal matematika dan sains. Ilustrasi Google Lens. (AFP PHOTO / Elijah Nouvelage)
Jakarta, CNN Indonesia --

Google meluncurkan fitur tambahan pada Google Lens yang akan membuat pengguna bisa membantu menyelesaikan soal matematika dan sains.

Cara menggunakan fitur filter bernama 'Homework' dengan ikon topi wisuda itu cukup mudah. Pengguna tinggal memotret soal yang hendak dijawab. Kemudian pengguna membingkai atau cropping foto soal-soal yang hendak dijawab.

Setelah mengambil gambar, Google Lens akan menyorot seluruh soal-soal tersebut. Kemudian akan muncul opsi 'copy the text', 'send to your computer via Chrome', dan 'edit math equetion'.


Khusus untuk soal matematika atau soal hitung-hitungan lainnya, pengguna bisa memanfaatkan opsi 'Steps to Solve'.

Opsi 'Steps to Solve' akan memberikan pengguna beberapa pilihan rumus untuk menyelesaikan soal yang sudah difoto. Rumus itu terdiri dari formula kuadrat atau pemfaktoran.

Dilansir dari 9toMac, secara rinci Google Lens akan menyediakan langkah-langkah penyelesaian soal, bukan hanya menghasilkan jawaban.

Sedangkan pada pertanyaan sains, filter Google Lens menampilkan 'Knowledge Panel'.  Opsi ini akan menunjukkan grafik dan penjelasan soal konsep dasar dari soal tersebut. Google mengatakan fitur ini akan membantu pengguna  meningkatkan pemahaman mengenai topik inti yang dimaksud.

Dilansir dari Engadget, Google juga meluncurkan fitur 'Search' yang memiliki hampir 100 objek 3D berkaitan dengan soal-soal STEM (science, technology, engineering and mathematics).

(jnp/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK