Peluncuran Global Huawei Mate 40 Diprediksi Molor Hingga 2021

CNN Indonesia | Rabu, 16/09/2020 07:22 WIB
Penundaan peluncuran Huawei Mate 40 diduga akibat kebijakan pemerintah Amerika Serikat (AS) yang melarang Huawei menggunakan cipset asal AS. Ilustrasi Huawei Mate 40. (Foto: CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Peluncuran global seri Huawei Mate 40 dikabarkan akan tertunda hingga 2021. Perusahaan belum mengumumkan rencana baru kapan akan memperkenalkan ponsel flagships terbaru ini secara luas.

Perusahaan mengklaim ponsel ini masih akan tersedia di pasar China pada tahun ini.

Beredar kabar bahwa penundaan peluncuran Huawei Mate 40 diduga akibat kebijakan pemerintah Amerika Serikat (AS) yang melarang Huawei melakukan bisnis dengan pembuat cipset mana pun yang menggunakan teknologi AS.


Sanksi itu membuat Huawei tak dapat lagi memproduksi cipset kelas atas Kirin miliknya atau membeli cipset dari Qualcomm, MediaTek, Samsung, dan lainnya yang menggunakan teknologi AS.

Terkait masalah ini, Huawei dikabarkan sedang melihat situasi global, sembari berharap Mate 40 bisa laris di global.

Huawei Mate 40 sendiri sudah pasti tidak akan dijual di AS dan mereka mungkin tidak mendapat sambutan hangat di India akibat konflik dengan China. Beberapa negara di Eropa memblokir peralatan Huawei dari operator mereka, tetapi tampaknya tidak ada yang bermasalah dengan ponsel Huawei.

Dilansir dari Gizchina, ini merupakan salah satu alasan mengapa Huawei telah mengurangi pesanan komponen untuk smartphone ini 30 persen hingga 40 persen.

Tahun lalu ponsel Mate 30 diluncurkan di China pada akhir September, diikuti oleh peluncuran terbatas di Eropa pada akhir November.

Kemudian Huawei mulai secara bertahap berekspansi ke negara-negara baru dengan beberapa peluncuran datang paling lambat Januari 2020.

Dilansir dari GSMArena, Huawei akan berhenti kerja sama dengan TSMC untuk memproduksi Kirin. Huawei juga tidak dapat menggunakan layar OLED dari Samsung dan LG.

Di sisi lain, Perusahaan mengklaim telah menyimpan cukup cipset (10 juta unit, dilaporkan) dan juga menggunakan layar buatan BOE.

Meski demikian, komponen itu diprediksi hanya bertahan beberapa bulan saja. namun persediaan tersebut mungkin hanya cukup untuk pasar lokal China.

(jnp/mik)

[Gambas:Video CNN]