NASA Buat Kontes Imajinasi Memimpin Misi ke Bulan untuk Siswa

CNN Indonesia | Kamis, 17/09/2020 04:10 WIB
Siswa dari TK hingga SMA diharuskan membuat esai yang berisi imajinasi apabila diberi kesempatan NASA memimpin misi ke Bulan. Ilustrasi misi ke Bulan. (NASA)
Jakarta, CNN Indonesia --

NASA mengadakan kontes bagi siswa dari TK hingga SMA untuk berimajinasi memimpin ekspedisi luar angkasa ke Bulan. Peserta diharuskan membuat esai yang berisi imajinasi peserta apabila diberi kesempatan memimpin misi ke Bulan.

Kontes ini menyambut misi Artemis NASA pada 2024 yang akan mengirimkan manusia ke Bulan. Misi ini menandakan wanita pertama yang akan menginjakkan kaki di Bulan setelah misi Apollo 11 pada 1969 silam.

"Beri tahu kami tentang jenis keterampilan, atribut, dan atau ciri kepribadian kru Moon Pod yang Anda inginkan dan alasannya," kata NASA dalam situs Artemis.


Peserta diminta rencana-rencana yang dibutuhkan agar misi ke Bulan bisa berhasil. Panjang esai bergantung pada usia siswa, peserta yang masih duduk di bangku TK hingga 4 SD hanya diminta untuk menulis hingga 100 kata.

Peserta yang duduk di kelas 5 SD hingga 2 SMP diminta menulis hingga 200 kata. Peserta yang duduk di bangku 3 SMP hingga 3 SMA diminta menulis hingga 300 kata.

"Berapa banyak yang ada di pod Anda? Dan tentu saja Anda membutuhkan perlengkapan dan gadget berteknologi tinggi! Dalam esai Anda, jelaskan juga satu mesin, robot, atau teknologi yang akan Anda tinggalkan di permukaan bulan untuk membantu astronaut masa depan menjelajahi bulan," kata NASA.

NASA mendorong peserta untuk melakukan penelitian sebelum menulis artikel dengan memeriksa beberapa artikel pengetahuan terkait Bulan yang sudah disediakan oleh NASA.

Hadiah utama yang diberikan kepada pemenang di setiap kategori peserta adalah perjalanan keluarga ke Kennedy Space Center di Florida pada tahun 2021 untuk menyaksikan peluncuran tes Artemis pertama.

Hadiah lainnya termasuk perjalanan ke Pusat Antariksa Johnson NASA, paket hadiah Artemis, dan undangan ke Sesi Penjelajah Artemis virtual yang diselenggarakan oleh para ahli NASA.

Dilansir dari DigitalTrends, setiap siswa yang mengikuti lomba akan menerima sertifikat dari NASA dan juga akan diundang ke acara virtual NASA khusus dengan astronaut sebagai tamu terhormat.

(jnp/DAL)

[Gambas:Video CNN]