Menerka Kapan Harga PS5 Turun

eks, CNN Indonesia | Rabu, 30/09/2020 14:00 WIB
Preorder Playstation 5 sudah digelar, namun kapan harga konsol PS5 ini akan turun? Harga PS5 diperkirakan akan mulai turun tahun depan (APTN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Harga PlayStation 5 (PS5) diperkirakan akan mulai turun pada Mei mendatang.

Berdasarkan hasil analisis data dari situs perbandingan harga iPrice, harga konsol ini bisa turun hingga Rp400 ribu dalam

Menggunakan data internal, iPrice memprediksi bahwa pada Mei 2021 atau 6 bulan setelah konsol game ini dirilis.


"Harga PS5 Digital akan turun menjadi Rp5,6 juta dan Rp7 juta untuk versi standar," demikian tertulis dalam keterangan resmi, Selasa (29/9).

Selain itu, diperkirakan harga PS5 juga akan kembali turun pada November 2021. Harga versi Digital diperkirakan menyentuh harga Rp5,4 juta, sementar untuk versi standar menjadi Rp6,8 juta.

Penurunan harga lebih jauh diperkirakan bakal terjadi 2 tahun setelah rilis. Sebab, setelah 2 tahun rilis harga PlayStation4 turun hingga 15 persen.

Perbandingan harga ini didasarkan pada tren penurunan harga PS4 Pro dari database iPrice. Perusahaan ini mengumpulkan data dari 150 merchants berbeda dalam kurun waktu beberapa tahun.

Berdasarkan rata-rata data tersebut, didapat penurunan harga PlayStation berkisar 1-6 persen dalam 6 bulan. Jika dihitung setahun, penurunan harga bahkan bisa sampai 6-8 persen.

Di Singapura penurunan harga PS5 setelah 12 bulan bisa mencapai 8 pesen. Sedangkan di Indonesia, penurunan harga hanya 6 persen sejak tanggal rilis.

Hal ini membuktikan bahwa penurunan harga untuk produk elektronik sudah lumrah terjadi. Data harga PS4 diambil dari database iPrice Singapore yang membandingkan total 150 produk dengan harga terendah.

Sony mulai menggelar pre-order PlayStation 5 pada Kamis (17/9). Pembeli yang tertarik bisa melakukan pre-order mulai US$500 atau Rp7,4 juta (kurs Rp14.816) untuk versi yang dilengkapi Blu-ray atau US$400 atau Rp5,9 juta untuk PS5 versi Digital Edition.

Pengiriman ke konsumen dijanijikan mulai 12 November 2020. Namun, tingginya antusias pengguna membuat gelaran pre-order berantakan.

Sebab, banyak retailer yang telah memulai pre-order setelah acara showcase PS5 berakhir. Sehingga, sebagian pemesan diperkirakan akan terlambat mendapat konsol ini.

PS5 untuk pertama kali akan diluncurkan untuk pasar Amerika Serikat, Jepang, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan pada 12 November, dan untuk pasar global sepekan kemudian.

(eks)

[Gambas:Video CNN]


BACA JUGA