DPR Sahkan Omnibus Law Ciptaker, Mosi Tidak Percaya Menggema

CNN Indonesia | Senin, 05/10/2020 19:15 WIB
Keputusan DPR yang resmi mengesahkan Omnibus Law RUU Cipta Kerja dikecam, warganet meramaikan tagar Mosi Tidak Percaya. Ilustrasi Omnibus Law Cipta Kerja. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dewan Perwakilan Rakyat secara resmi mengesahkan Omnibus Law Rancangan Undang Undang (RUU) Cipta Kerja (Ciptaker) menjadi Undang Undang dalam Rapat Paripurna DPR RI di Kompleks DPR, Jakarta, Senin (5/10).

Fraksi-fraksi yang setuju adalah PDI Perjuangan, Golkar, Gerindra, NasDem, PKB, PPP, dan PAN. Hanya Fraksi Partai Demokrat dan PKS yang menolak pengesahan RUU Ciptaker.

Keputusan itu pun menimbulkan reaksi dari pengguna media sosial Twitter. Sejumlah pengguna pun menggunakan tagar #MosiTidakPercaya dalam mengomentari pengesahan RUU Ciptake menjadi UU. Tagar Mosi Tidak Percaya kemudian menjadi topik terpopuler di Twitter Indonesia.


Salah satu akun yang menggunakan tagar itu adalah @isnanelsam. Dia mengajak meneriakkan mosi tidak percaya kepada DPR karena telah mengkhianati rakyat.

"Mari teriakkan #MosiTidakPercaya kepada Dewan Perwakilan Rakyat karena #DPRRIKhianatiRakyat dan semua siswa mari sekolah di jalanan untuk #TolakOmnibusLaw yang menginjak rakyat," kicau  @isnanelsam.

Adapun akun @Taubolong_BLK mengatakan bukan hanya DPR yang mengkhianati rakyat. Dia menyebut pemerintah juga mengkhianati rakyat.

"Sejarah akan mencatat kalau pemerintah dan DPR RI sama" mengkhianati rakyatnya. #DPRRIKhianatiRakyat #MosiTidakPercaya #TolakOmnibusLaw," kicau @Taubolong_BLK.

Di sisi lain, akun @RezaAuliaAkbar5 menilai Indonesia sudah hampir menjadi negara oligarki. Dia menyebut nasib rakyat pasca hadirnya UU Cipta kerja akan ditentukan oleh cukong.

"Indonesia sudah  masuk gerbang Oligarki.  Nasib rakyat ditentukan oleh  cukong. Pemerintah tdk lain hny mnjadi alat untk menekan rakyat. Tdk ada kata lain selain LAWAN. #MosiTidakPercaya," kicau @RezaAuliaAkbar5.

Sementara itu, akun @myusril26 mengucapkan selamat kepada anggota DPR, pemerintah, dan investor pasca RUU Ciptaker disahkan menjadi UU. Dia berkata mereka sudah bebas memberikan penderitaan kepada rakyat.

"Selamat kepada anggota dewan dan pemerintah beserta para investor yang ada. Kini kalian bebas memberikan penderitaan kepada masyarakat di negeri ini. #MosiTidakPercaya #TolakOmnibusLaw," kicau @myusril26.



(jps/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK