Cara Ubah Ukuran Foto Pakai Ponsel Andorid dan iOS

CNN Indonesia | Kamis, 08/10/2020 12:00 WIB
Untuk mengubah ukuran foto yang digunakan untuk lamaran kerja hingga tes CPNS sudah bisa memanfaatkan ponsel, baik Android maupun iOS. Ilustrasi edit foto di android dan iOS. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Masih banyak masyarakat yang memanfaatkan tautan online untuk mengubah ukuran foto mereka, entah untuk keperluan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), masuk kuliah hingga melamar pekerjaan.

Padahal untuk mengubah ukuran foto bisa memanfaatkan ponsel, baik Android maupun iOS. Berikut cara mengubah ukuran foto:

Android (dalam kasus ini diambil dari ponsel Samsung)

1. Buka ikon aplikasi Galeri Anda dan pilih foto yang ingin Anda ubah ukurannya.


2. Ketuk ikon Edit

3. Klik Ubah Ukuran (Resize) foto

4. Pilih persentasi foto yang ingin diubah ukurannya, 20 persen (604x806), 40 persen (1209x1612), 60 persen (1814x2419), 80 persen (2419x3225), dan Original (3024x4032). Lalu klik Selesai (Done).

iOS atau iPhone

Anda dapat mengubah ukuran gambar di aplikasi default Foto (Photos) dengan berbagai dimensi umum yang tersedia melalui menu Edit. Berikut caranya:

1. Buka aplikasi default Foto (Photos) dan pilih foto yang Anda ingin ubah ukurannya.

2. Di pojok kanan atas layar klik Edit.

3. Klik ikon Pangkas (Crop) di bagian bawah layar, kemudian akan terlihat seperti dua sudut kanan berpotongan.

4. Ketuk ikon yang tampak seperti kotak abu-abu dan hitam di bagian atas layar. Di bagian bawah layar, Anda akan menemukan sejumlah opsi ukuran seperti dikutip Business Insider.

(din/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK