Kumpulan Meme Tolak Omnibus Law Cipta Kerja Usai Disahkan DPR

CNN Indonesia | Rabu, 07/10/2020 21:00 WIB
Sejumlah warganet membuat berbagai meme terkait Omnibus Law usai disahkan DPR yang bisa mengundang amarah sekaligus tawa. Ilustrasi tolak omnibus law. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengesahan UU Cipta Kerja (Ciptaker) Omnibus Law menuai kontroversi dan menyebabkan gelombang aksi protes. Di media sosial, pembicaraan Omnibus Law juga tengah panas.

Sebagai bentuk satir dari para pengguna media sosial, warganet membuat berbagai meme terkait Omnibus Law yang bisa mengundang amarah sekaligus tawa.

CNNIndonesia.com mengumpulkan beberapa meme terlucu yang bisa menyebabkan amarah dan tawa tersebut.


1. Ancaman Puan Maharani Matikan Mic

Pengesahan Omnibus Law Cipta Kerja (RUU Ciptaker) dalam rapat paripurna semalam (5/10) berlangsung panas. Selain diwarnai adu mulut antara pimpinan rapat dengan Partai Demokrat yang menolak pengesahan Ciptaker, rapat juga diramaikan dengan insiden mikrofon mati

Warganet kemudian berasumsi bahwa Ketua DPR Puan Maharani mematikan mikrofon yang dipakai anggota Fraksi Demokrat saat menyampaikan pendapat di tengah panasnya rapat paripurna tersebut.

Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin yang memimpin rapat berkomunikasi dengan Puan yang berada di sebelahnya. Setelah itu, Puan terlihat mengarahkan tangannya ke meja di depannya, dan seketika mikrofon yang dipakai Anggoa DPR dari Fraksi Demokrat, Irwan berbicara kemudian mati.

Alhasil insiden ini menjadi bahan pembicaraan panas netizen. Warganet bahkan membuat meme yang berisi foto Puan dengan teks ancaman untuk mematikan mikrofon.

2. DPR 'Among Us'

Game 'Among Us' juga menjadi referensi satir para warganet untuk mengkritik Omnibus Law. Warganet membuat meme di mana DPR menjadi 'Impostor' atau pengkhianat yang melakukan sabotase dan menghabisi semua anggota crewmate.

Warganet menjadikan DPR sebagai 'Impostor' karena dianggap mengkhianati masyarakat Indonesia dengan mengesahkan Omnibus Law.

3. Omnibus Oskadon

Bentuk kekecewaan warganet lainnya adalah dengan membuat meme yang berisi gambar obat sakit kepala Oskadon dengan teks yang dirubah menjadi 'Omnibuslaw'.

4. DPR 'Real Impostor'

Referensi gim Among Us kembali digunakan oleh warganet untuk memberikan kritikan satir kepada DPR. Dalam foto ini, warganet mengedit foto bersama anggota DPR dengan teks 'The Real Impostor'.

5. DPR lebih baik tidur

Warganet juga kemudian membagikan foto berisi anggota DPR yang sedang para tidur. Ada pula warganet yang meminta DPR tetap tidur, daripada bangun dan malah mengesahkan aturan yang 'ngawur'.

(jnp/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK