SATU TAHUN JOKOWI-MA'RUF

Pro-Kontra Warganet di Satu Tahun Jokowi-Ma'ruf

CNN Indonesia | Selasa, 20/10/2020 11:28 WIB
Sejumlah warganet mengaitkan zaman Orba Soeharto dengan momentum satu tahun jabatan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin. Ilustrasi satu tahun Jokowi-Ma'ruf. (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Momen satu tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin jadi perhatian warganet. Beberapa juga mengaitkan zaman Orde Baru alias Orba era Presiden ke-2 RI Soeharto.

Tagar Orba yang menjadi topik terpopuler di media sosial Twitter itu salah satunya diramaikan oleh akun Ernest Prakasa.

"Sesebel-sebelnya gw sama pemerintahan sekarang, tetep gw sebel sama orang-orang yang bilang rezim ini kayak Orba. Jauh woi, pernah ngalamin Orba ga sih," cuit @ernestprakasa.


Cuitan Ernest itu direspons oleh beberapa netizen. Salah satunya akun Bilven. Ia meminta Ernest membuka mata dan waspada rezim Jokowi juga berpeluang seperti rezim Obra jika dibiarkan selama 32 tahun ke depan. Ia pun sanksi Ernest bisa merasakan zaman Orba di usia yang masih 6 tahun.

"Bandingkan rezim ini dengan orba waktu masih 6 tahun, bayangkan kalau rezim ini dibiarkan sampai 32 tahun," cuit @sandalista1789.

Adapun akun Saddam Husaini membeberkan bukti rezim Jokowi yang sudah memunculkan gejala Orba. Salah satunya mengintimidasi aktivis dan munculnya oligarki.

"ORBA: MEDIA dibatasi, Sekarang: dikekang ga?. ORBA: aktivis Di intimidasi, Sekarang: diintimidasi ga?. ORBA: Ada Pasal karet subversif, Sekarang: ada pasal karet ga?. ORBA: DPR jd tukang Stempel. Sekarang : DRP gimana?. ORBA: Banyak Oligarki, Sekarang: otewe ga?, Dah itu aja.. MIKIR," kicau akun @RadenKianSayang.

Sementara itu, akun Don Adam menyebutkan salah satu indikasi rezim Jokowi mengarah ke Orba dengan adanya pemberitaan bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan membuat aturan memblokir media sosial.

"Kita kembali ke jaman orba, di mana rapat-rapat rahasia kita adakan kembali," cuit @DonAdam68.

Tak mau ketinggalan, akun Loko juga menyindir bahwa orang-orang yang pernah menjabat atau bersinggungan dengan rezim Soeharto alias Orba juga sedang bercokol di Istana bersama Jokowi-Ma'ruf.

"Om ernestprakasa Orang2 Orba masih bercokol semua disana? kurang Orba sapa lagi coba?," kicau @lock_n_Load20

Akun R juga ikut menganalisis banyaknya orang yang mengaitkan rezim Jokowi dengan Orba. Salah satunya kebebasan berpendapat yang direnggut.

"kenapa sekarang orang banyak menyamakan pemerintahan hari ini dengan Orba, karena kebebasan berpendapat direnggut, kelompok yang berseberangan dengan pemerintah banyak yang di tangkap, yang membedakan jaman orba sama sekarang itu dl pas orba ngga ada Twitter jadi ngga ada informasi tuh siapa aja yg ditangkap," kicau @rizkyramadani07.

Tepat satu tahun pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, elemen buruh dan mahasiswa menggelar aksi demo menolak Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) di Istana Negara, Jakarta, Selasa (20/10).

Ribuan buruh dan mahasiswa diklaim bakal turun ke jalan mendesak Jokowi membatalkan UU Ciptaker dengan mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu).

Namun, Jokowi tak berkantor di Istana Kepresidenan Jakarta hari ini. Mantan wali kota Solo itu akan berada di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

(dal/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK