TIPS OTOMOTIF

Tips Rawat Mobil Usai Gagal Beli Baru Imbas 0 Persen Ditolak

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Kamis, 22/10/2020 19:57 WIB
Rencana membeli mobil baru sirna usai Kementerian Keuangan menolak usulan Kementerian Perindustrian untuk memberlakukan pajak nol persen mobil baru. Tips merawat mobil di rumah usai batal ganti mobil baru efek pajak 0 persen mobil baru ditolak Kemenkeu. (Foto: dok. Komunitas Peugeot Les Autres)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rencana membeli mobil baru sirna usai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menolak usulan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk memberlakukan pajak nol persen mobil baru. Masyarakat pun harus menahan diri karena batal mengganti mobil yang ada di rumah dengan mobil baru.

Andai saja disetujui, masyarakat bisa membeli mobil dengan harga relatif terjangkau, sebab potongan pajak cukup besar sehingga menurunkan harga jual mobil.

Ada pun besaran pajak yang diusulkan dikurangi atau diubah yaitu PPn yang kini 10 persen, PPnBM 10-125 persen dan pajak daerah yakni PKB sekitar dua persen serta BBN 10-12,5 persen tergantung daerah.


Bagi sebagian orang mungkin tak masalah, terlebih mobil yang saat ini masih layak pakai. Namun agar lebih menarik untuk digunakan, ada baiknya perlakukan mobil dengan. Nah, cara merawat mobil di rumah ada caranya. Berikut cara merawat mobil di rumah:

Cek cairan radiator mobil

Radiator punya peran penting untuk menjaga suhu mesin tetap pada kondisi normal. Untuk itu ketersediaan cairan radiator harus dipastikan agar komponen itu bekerja optimal.

Setiap mobil punya masa penggantian air radiator berbeda, tetapi umumnya penggantian air radiator dilakukan tiap 20 ribu km.

Tapi lebih baik lakukan pengecekan sebelum jatuh tempo. Sebab bisa saja air sudah mulai berkurang sebelum waktunya. Untuk mengisinya upayakan menggunakan cairan khusus radiator.

Jika ingin melakukan pengecekan air radiator dan membuka penutupnya jangan dilakukan saat mesin masih panas sebab cairan yang ada di dalamnya bisa menyembur dan bikin cedera.

Ganti pelumas mesin

Perawatan lain yang bisa dilakukan di rumah yakni ganti oli. Caranya mudah, pertama pertama angkat mobil menggunakan dongkrak agar kita lebih mudah masuk ke kolong mobil.

Setelah itu, lepas baut pengurasan dan diamkan sampai oli tidak menetes. Lalu, tutup kembali lubang pengurasan sampai rapat dan tuangkan pelumas baru lewat jalur yang sudah disediakan. Sangat disarankan mengganti oli secara berkala.

Rutin cuci mobil

Cuci mobil juga menjadi bagian dari perawatan. Kita dapat mencuci mobil di rumah dan memastikan setiap sudut kendaraan bebas kotoran, terlebih ada virus yang menempel.

Membersihkan mobil jangan cuma terpaku pada eksterior, bersihkan secara menyeluruh mulai kabin sampai ke ruang mesin. Tujuannya agar interior bebas bakteri dan bau, serta menghilangkan bekas oli yang menempel pada ruang mesin.

Biar mobil tetap bersih dan kinclong, kamu dapat mencuci mobil di rumah paling tidak satu minggu sekali.

Panaskan mesin mobil

Bila mobil jarang digunakan, penting juga untuk tetap menyalakan mesin. Ini untuk menjaga sirkulasi pelumas pada ruang mesin agar tetap lancar, sekaligus pengisian baterai.

Untuk diingat, memanaskan mobil tidak perlu setiap hari. Aktivitas ini disarankan rutin dilakukan dua sampai tiga kali per satu minggu dengan waktu ideal 30 detik sampai satu menit.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK