Banjir Pesanan, Mitsubishi Kejar Produksi Xpander di Malaysia

fea, CNN Indonesia | Senin, 26/10/2020 10:10 WIB
Menurut Mitsubishi Motors Malaysia pemesanan Xpander sudah lebih dari 7.400 unit, padahal rencana awal penjualan cuma 500 unit per bulan. Mitsubishi Xpander. (mitsubishixpander.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mobil yang awalnya didesain khusus untuk selera konsumen di Indonesia, Mitsubishi Xpander, digemari di Malaysia. Menjelang peluncurannya di sana pada November, Mitsubishi Motors Malaysia mengatakan sudah mengantongi pemesanan lebih dari 7.400 unit, itu jauh lebih besar dari target 500 unit per bulan.

Malaysia mendapatkan unit Xpander bukan impor dari Indonesia, melainkan diproduksi sendiri di pabrik Mitsubishi di Pekan, Pahang. Malaysia adalah negara ketiga produsen Xpander setelah Indonesia dan Vietnam.

"Kami terus berusaha memaksimalkan kapasitas produksi. Aslinya rencana penjualan kami 500 per bulan, tetapi sejauh ini kami telah memulai pendaftaran ketertarikan di website kami, jumlahnya, hingga hari ini, sekitar 7.400 unit, itu lebih baik dari ekspektasi kami," kata CEO Mitsubishi Motors Malaysia Tomoyuki Shinnishi, dalam wawancara dengan Paultan.org, Jumat (23/10).


Debut global Xpander telah dilakukan pada 2017 lalu di Indonesia, setelah itu penjualannya sudah dilakukan di negara Asia Tenggara lain seperti Vietnam, Filipina, dan Thailand.

Shinnishi menjelaskan mengapa Xpander diputuskan dijual di Malaysia tiga tahun setelah debut, yakni pihaknya ingin mobil ini dirakit lokal agar meningkatkan kemampuannya bersaing domestik.

"Jika kami ingin menjual lebih banyak, mobil kami harus kompetitif yakni berbasis CKD [completely knock down]. Untuk merealisasikan proyek CKD itu butuh waktu," ucap Shinnishi.

Xpander yang dijual di Malaysia adalah versi facelift yang sudah meluncur di Indonesia pada Februari. Spesifikasi low MPV tujuh penumpang ini tidak berbeda jauh dari model yang dijual di Tanah Air, namun Mitsubishi Malaysia sudah melakukan penyesuaian berbagai macam detail untuk memenuhi kebutuhan lokal.

Berbeda dari Indonesia yang menyebut Xpander low MPV, Shinnishi mengatakan model ini crossover tujuh penumpang. Itu membuatnya bersaing dengan Honda BR-V atau Toyota Rush.

Sejauh ini Mitsubishi Motors Malaysia belum berencana mau meluncurkan versi Xpander Cross. Keputusan soal menjual varian lebih jangkung itu bakal tergantung hasil penjualan Xpander.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK