TIPS TEKNOLOGI

Cara Sembunyikan Status Online WhatsApp Tanpa Hapus Aplikasi

Dini Nur Asih, CNN Indonesia | Kamis, 29/10/2020 17:58 WIB
Pengguna WhatsApp bisa menyembunyikan status online-nya dengan menonaktifkan Terakhir Dilihat atau Last Seen. Cara menyembunyikan status online WhatsApp. (Foto: WhatsApp)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengguna WhatsApp bisa mengetahui kapan kontak tertentu online berkat fitur Terakhir Dilihat atau Last Seen. Status itu otomatis aktif secara default. Meski demikian, ada cara untuk menyembunyikan status online di Whatsapp.

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan terpopuler saat ini. Di Google Play Store, aplikasi milik Facebook ini memiliki angka instalasi lebih dari 1 miliar.

Aplikasi buatan Jan Koum dan Brian Acton ini kerap menggulirkan fitur-fitur baru. Salah satu hal penting dari WhatsApp yang kerap diutak-atik penggunannya adalah setelah privasi.


Demi kenyamanan, tidak sedikit pengguna WhatsApp menyembunyikan status online-nya dengan menonaktifkan Terakhir Dilihat atau Last Seen.

WhatsApp mengizinkan setiap pengguna untuk melihat informasi pengguna lain, di antaranya tanda terima setelah membaca pesan, terakhir kali pengguna terlalu aktif di platform, panel tentang bio, dan gambar profil.

Dari semua itu, pengguna harus mematikan fitur Last Seen apabila ingin privasi lebih terjaga. Cara menonaktifkan fitur Last Seen di WhatsApp sangat mudah. Berikut caranya seperti dikutip Techjunkie:

1. Buka aplikasi WhatsApp lalu tap ikon tiga titik pada bagian pojok kanan atas. Pilih Setelan atau Setting.

2. Pilih menu Akun atau Account.

3. Pilih Privasi atau Privacy.

4. Pilih Terakhir Dilihat atau Last Seen lalu tap opsi Tidak Ada atau No One.

Selain menonaktifkan Last Seen, ada juga fitur Sembunyikan Status atau Hide Your Status seperti dilansir Tutorials Point. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memperbarui status mereka dengan pesan singkat dan bisa disembunyikan dengan cara:

1. Buka Setelan atau Pengaturan.

2. Pilih Akun atau Account.

3. Pilih Privasi atau Privacy.

4. Klik Status dan aktifkan Tidak Ada atau Nothing.

Jika Anda ingin menyembunyikan foto profil Anda dari teman-teman Anda:

1. Buka Setelan atau Pengaturan.

2. Pilih Akun atau Account.

3. Klik Privasi atau Privacy.

4. Aktifkan foto profil ke setelan Tidak Ada atau Nothing.

Kamu juga bisa menonaktifkan tanda centang biru, yaitu fitur yang sangat berguna bagi orang-orang untuk mengetahui apakah pesan yang dikirim, dibaca penerima atau tidak. Caranya:

1. Buka Setelan atau Pengaturan.

2. Pilih Akun atau Account.

3. Klik Privasi atau Privacy.

4. Lalu hapus centang Tanda Terima Telah Dibaca atau Read Receipts.

(din/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK