Facebook Rilis Dark Mode di Aplikasi Seluler Android dan iOS

CNN Indonesia | Senin, 02/11/2020 21:19 WIB
Sejumlah pengguna Android dan iOS dilaporkan akan mendapat kesempatan untuk mencoba fitur mode gelap atau dark mode Facebook. Ilustrasi mode gelap Facebook. (CNN Indonesia/Daniela Dinda)
Jakarta, CNN Indonesia --

Facebook dilaporkan sedang menguji mode gelap di aplikasi selulernya. Sejumlah pengguna Android dan iOS bakal mendapat kesempatan untuk menjajal fitur itu hingga diumumkan secara resmi oleh Facebook.

Facebook tidak merinci siapa saja yang mendapat kesempatan untuk menikmati fitur itu. Namun, banyak pengguna yang mengklaim menemukan fitur malam pada aplikasi Facebook di ponselnya.

Melansir Engadget,  pengguna akan melihat tombol Mode Gelap di bagian Pengaturan dan Privasi di bawah tab Menu. Pengguna dapat mengaktifkan dan menonaktifkannya, serta membiarkannya pada pengaturan awal sistem.


Jika pengguna mengaktifkan mode gelap untuk waktu tertentu, Facebook dapat mengikutinya.

Fitur tersebut sebenarnya sudah lama hadir. Facebook telah menyediakan mode gelap di desktop pada bulan Maret 2020 dan aplikasi pendampingnya, seperti Messenger sejak 2019.

Tidak diketahui pasti mengapa fitur itu tersedia belakangan untuk seluler. Namun, pengujian yang saat ini dilakukan menunjukkan bahwa Facebook bertekad untuk melangkah dengan hati-hati mengingat aplikasi itu digunakan oleh miliaran orang.

Melansir Xda Developers, informasi mengenai mode gelap pada aplikasi Facebook pertama kali dibuat oleh Jane Manchun Wong, yang biasanya men-tweet tentang fitur yang belum dirilis di banyak aplikasi (termasuk Facebook).

Kali ini, Wong bekerja sama dengan juru bicara Facebook mengungkap fitur itu. Peluncuran akan memakan waktu, karena belum tersedia banyak pengguna, bahkan setelah memperbarui ke versi beta 295.0.0.26.119.

Melihat komentar di Twitter menunjukkan fitur itu kebanyakan pengguna iOS. Pasalnya, informasi yang beredar fitur tersebut juga diluncurkan utamanya untuk pengguna iOS.

Sedangkan Mode Gelap Facebook untuk Android diketahui muncul ke publik beberapa bulan lalu dan akan kompatibel dengan mode gelap seluruh sistem Android yang tersedia dari Android 10 dan seterusnya.

"Kami tahu orang-orang telah meminta mode gelap dan mereka tidak perlu menunggu lebih lama lagi. Orang-orang akan mulai melihat opsi di pengaturan aplikasi Facebook mereka saat kami meluncurkannya secara global," ujar juru bicara Facebook.

(jps/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK