Ucapan Selamat Ford dan GM Atas Kemenangan Joe Biden

fea, CNN Indonesia | Senin, 09/11/2020 11:43 WIB
Ford dan GM, dua raksasa otomotif asal Amerika Serikat, berharap pemerintahan Joe Biden bisa membantu pengembangan manufaktur. Joe Biden dan istri. (Foto: AP/Andrew Harnik)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dua raksasa otomotif asal Amerika Serikat (AS), Ford dan General Motors (GM), memberi pernyataan atas terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden AS ke-46 menggantikan Donald Trump.

Pernyataan Ford dan GM diketahui melalui cuitan jurnalis David Shepardson yang disampaikan lewat Twitter.

Ford memberi ucapan selamat pada Biden dan berharap pemerintahannya fokus menyatukan negeri dan mengejar kebijakan yang mendukung manufaktur AS untuk keberlanjutan serta stabilitas ekonomi global.


GM juga mengucapkan hal serupa, ingin segera bekerja dengan administrasi Biden dan menunggu kebijakan yang mendukung konsumen, dealer, dan pekerja otomotif. GM juga berharap pemerintahan baru akan memperkuat manufaktur di AS untuk visi kendaraan listrik dan nol emisi.

Kemenangan Biden yang berusia 77 tahun dan akan menjadi presiden tertua di AS diprediksi tidak hanya bakal dinikmati perusahaan otomotif lokal tetapi juga Eropa. Pemilik segudang mobil klasik Amerika ini diketahui berbeda pandangan soal perkembangan otomotif dengan Trump.

Biden kemungkinan bakal meninjau kembali perjanjian dagang Uni Eropa dan AS, Transatlantic Trade and Investment Partnership (TTIP). Negosiasi soal ini sebelumnya sudah diakhiri Trump dan membuat konflik perdagangan yang mengincar produsen otomotif Jerman.

Biden juga dipercaya akan memperbaiki iklim investasi asing, terutama dari negara seperti Meksiko dan Iran yang berselisih dengan Trump. Selain itu aktivitas ekspor impor dengan Inggris juga kemungkinan bakal lebih lancar sebab Biden menentang Brexit tanpa kesepakatan (no deal).

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK