NASA Beri Izin Resmi SpaceX Bawa Astronaut ke Antariksa

CNN Indonesia | Jumat, 13/11/2020 05:58 WIB
NASA beri sertifikasi sebagai izin bagi SpaceX untuk membawa astronaut ke antariksa. NASA sudah berikan sertifikasi untuk mengizinkan SpaceX bawa astronaut ke luar angkasa (dok. NASA/Joel Kowsky)
Jakarta, CNN Indonesia --

Antariksa Amerika (NASA) mengeluarkan sertifikasi kepada SpaceX untuk menerbangkan astronaut menggunakan pesawat Crew Dragon ke luar angkasa. 

Nantinya, SpaceX akan membawa empat astronaut dalam pesawat ruang angkasa komersial pertama yang akan ditumpangi manusia ke antariksa.

Namun ini bukan misi pertama SpaceX, beberapa waktu lalu perusahaan milik Elon Musk ini berhasil menerbangkan dua astronaut NASA yaitu Bob Behnken dan Dough Harley menggunakan Crew Dragon.


Ketika itu Crew Dragon mendarat di ISS dan keduanya tinggal di ISS selama dua bulan, seperti dilansir Business Insider

Keputusan itu adalah hasil dari tinjauan kesiapan penerbangan SpaceX, di mana para ahli dan pejabat menghabiskan waktu dua hari untuk meninjau roket Falcon 9 SpaceX dan pesawat ruang angkasa Crew Dragon.

"Sertifikasi memindahkan kami dari fase desain dan pengujian ke fase rotasi kru dalam pekerjaan kami, tetapi kami tidak akan berhenti memastikan setiap penerbangan, termasuk misi Space Crew-1 NASA, akan didekati dengan ketelitian yang sama seperti yang kami lakukan untuk membuatnya. Sistem terbaik untuk para astronaut kami," kata Kathy Lueders, administrator asosiasi untuk Direktorat Misi Eksplorasi dan Operasi Manusia NASA, seperti dikutip dari laman resmi

Jika cuaca memungkinkan, Falcon 9 akan meluncurkan Crew Dragon ke luar angkasa pada Sabtu (14/11) waktu setempat pada pukul 19.49 ET.

Empat astronaut yang akan diberangkatkan ke luar angkasa antara lain  Mike Hopkins, Victor Glover, Shannon Walker, dan Soichi Noguchi.

Mereka harus merapat ke stasiun luar angkasa delapan setengah jam kemudian, di mana mereka akan tinggal selama sekitar enam bulan, menandai penerbangan luar angkasa manusia terlama dalam sejarah AS.

Pemerintah telah menghabiskan lebih dari $ 6 miliar untuk upaya itu, menurut The Planetary Society. Program tersebut akhirnya dapat mewujudkan tujuannya dengan peluncuran hari Sabtu.

Dua astronaut Amerika Serikat Bob Behnken dan Doug Hurley dikabarkan akan kembali ke Bumi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). NASA memberangkat keduanya dari ISS tanggal 1 Agustus 2020.

Behnken dan Hurley tiba di ISS dengan menaiki kapsul Crew Dragon buatan SpaceX pada 30 Mei 2020. Keduanya menjadi astronaut pertama yang tiba di ISS dengan kapal ruang angkasa komersial.

Kepergian Behnken dan Hurley merupakan misi perdana pesawat ruang angkasa dengan awak yang diluncurkan dari AS sejak terkahir terjadi 2011, ketika program pesawat ulang-alik berakhir. Sebelum misi itu terwujud, para astronaut AS melakukan perjalanan dengan roket Rusia.

Peluncuruan Crew Dragon dari ISS akan menjadi misi pertama kapsul SpaceX melakukan perjalanan ke Bumi bersama para astronaut, setelah berhasil menyelesaikan uji coba kembali ke bumi pada Maret 2019.

(din/eks)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK