Yamaha RX-King Dijual Rp125 Juta, Nego Tukar Mobil atau Moge

CNN Indonesia | Kamis, 12/11/2020 15:21 WIB
Saat ini ada penjual Yamaha RX-King yang melabeli harga ratusan juta rupiah di situs jual beli online. Komunitas Yamaha RX-King. (CNN Indonesia/Bintoro Agung)
Jakarta, CNN Indonesia --

Popularitas Yamaha RX-King belum sirna meski sepeda motor ini telah 'disuntik mati' sejak 2009. Seiring waktu peminat motor 2-tak ini ada saja saban tahun, bahkan diketahui kolektor sampai berani membeli satu unit seharga ratusan juta rupiah.

Status harga RX-King bekas harga ratusan juta bisa dilihat di situs jual beli motor bekas. Satu unggahan misalnya menetapkan unit produksi 1983 seharga Rp125 juta.

Penjual dengan akun bernama Arif King Priok ini menjelaskan pada kolom keterangan motor itu merupakan salah satu RX-King langka yang masih tersedia. Catnya disebut masih orisinal warna putih yang jarang ditemukan.


Penjual juga menjelaskan peminat bisa mengajukan tukar tambah motor ini dengan mobil atau moge.

"Tukar tambah mobil atau moge juga bisa tawarin aja. Ayo kapan lagi mumpung ada dan niat dijual. Selagi iklan ada motor masih tersedia," kata penjual dalam iklan yang sudah diunggah sejak 20 Oktober.

[Gambas:Instagram]

Ditelusuri di akun media sosial dengan nama @arifkingpriok, sepertinya penjual ini bukan yang pertama menawarkan RX-King dengan harga gila. Sebelumnya ia mengaku berhasil melego RX-King yang harganya lebih mahal, yakni Rp150 juta.

Dalam unggahannya Arif menyebutkan harga itu buat RX-King produksi 2003 yang dikatakan kondisinya bukan restorasi, melainkan motor baru namun tidak pernah digunakan atau dikenal dengan istilah new old stock (NOS).

"Alhamdulillah RX-King SE asli NOS bukan restorasi soldout Rp150 juta," tulis Arif dalam unggahannya.

Jika dipikir-pikir membeli motor bekas seharga ratusan juta mungkin tidak masuk logika kebanyakan orang. Harga Rp125 juta atau Rp150 juta sudah bisa membeli kelas mobil termurah di dalam negeri, LCGC, misalnya Daihatsu Ayla yang banderolnya dimulai Rp102,15 juta.

Produsen RX-King, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), saja mengakui banderol gelap motor ini berada di luar nalar.

"Kalau itu [harga mahal] memang di luar nalar ya, dan itu pasar yang menentukan," kata Manager of Public Relation YIMM Antonius Widiantoro di kawasan Sentul, Jawa Barat, belum lama ini.

Ada berbagai faktor mengapa barang klasik harga selangit bisa menggerakkan seseorang merogoh kocek lebih dalam untuk membelinya. Kenangan bisa jadi salah satunya, atau mungkin pandangan bisnis misalnya dijual lagi juga bisa jadi pertimbangan.

Dipantau dari berbagai platform jual beli, harga 'normal' RX-King bervariasi tergantung dengan kondisi, orisinalitas suku cadang, kelengkapan surat-surat, kelangkaan, hingga perpajakan.

Namun pada umumnya, RX-King yang dikenal langganan balap liar dan dalam sejarah kelamnya dikenal sebagai 'motor jambret' ini dijual belasan juta hingga Rp30 jutaan.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK