Instagram Punya Fitur Baru, Pesan Hilang Setelah Dibaca

eks, CNN Indonesia | Jumat, 13/11/2020 14:15 WIB
Facebook tambahkan fitur baru untuk Instagram dan Messenger yang bisa menghilangkan pesan segera setelah dibaca penerima. Ilustrasi. Facebook luncurkan pesan baru di Instagram dan Messenger berupa pesan hilang setelah dibaca (CNN Indonesia/Daniela Dinda)
Jakarta, CNN Indonesia --

Facebook menambahkan fitur baru, Vanish Mode, yang bisa menghilangkan pesan setelah dibaca penerima bagi pengguna Instagram dan Messenger.

Pengguna bisa menghilangkan pesan teks dan media kepada penerima. Pesan hilang jika penerima melihat pesan itu dan pengirim meninggalkan ruang percakapan.

Fitur ini diluncurkan bertahap bagi seluruh pengguna Messenger dan Instagram di seliuruh dunia. Fitur bakal hadir di Messenger terlebih dulu, lalu meluncur bagi pengguna Instagram. Pengguna di Amerika Serikat bakal lebih dulu mendapatkan pembaruan fitur ini.


Fitur ini lagi-lagi diadopsi Facebook dari Snapchat. Layanan media sosial besutan Amerika Serikat itu sudah menyediakan fitur pesan hilang selama bertahun-tahun. Sebelumnya, Facebook juga meniru fitur Story dari Snapchat.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna cukup menyapu (swipe) layar ponsel ke atas ketika membuka fitur pesan instan. Maka warna latar antar muka pesan akan berubah menjadi hitam. Ini adalah tanda fitur Vanish Mode telah diakrifkan. Untuk keluar dari mode ini cukup tekan opsi untuk keluar yang ada di layar atau menyapu lagi layar ke atas.

Pengguna punya pilihan untuk mengaktifkan fitur ini atau tidak. Pesan Vanish Mode hanya bisa dikirim jika penerima juga mengaktifkan fitur ini.

Fitur ini diluncurkan bagi pengguna yang ingin mengirim pesan rahasia kepada pengguna lain. Dengan mengaktifkan mode ini, mereka tak perlu khawatir pesan rahasia itu akan disimpan oleh Facebook.

Pengguna juga akan diberitahu jika penerima melakukan tangkapan layar atas pesan Vanish Mode. Tapi, langkah pengamanan ini tentu tak berlaku jika penerima memotret isi pesan dengan ponsel lain.

Fitur pesan instan di Messenger lebih variatif. Jika pengguna ingin mengirim pesan instan tanpa harus dihilangkan dengan segera, bisa menggunakan fitur Secret Conversation (pembicaraan rahasia).

Fitur ini juga sudah dilengkapi dengan keamanan enkripsi end-to-end. Dengan fitur ini, pengguna juga bisa mengatur agar pesan hilang sendiri dalam rentang waktu tertentu, seperti dilansir The Next Web

Fitur ini pertama kali diumumkan saat Facebook mengumumkan perombakan desain di Messenger pada September lalu.

Mengutip The Verge, langkah ini sejalan dengan pengumuman CEO Facebook, Mark Zuckerberg tahun lalu. Saat itu ia menyebut akan beralih dari News Feed dan posting publik dan konsentrasi pada layanan pesan pribadi dan kelompok. 

Facebook menyebut pengguna bisa melaporkan pengguna lain yang menyalahgunakan fitur Vanish Mode. Namun, tidak jelas seberapa jauh Facebook bisa menunjau ulang percakapan yang terjadi jika mode ini diaktifkan.

(eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK