Kerumunan di Acara Rizieq, Netizen Serukan #IndonesiaTerserah

CNN Indonesia | Sabtu, 14/11/2020 20:43 WIB
Tagar #IndonesiaTerserah seiring menguasai trending topic Indonesia dalam rangka menyindir pengabaian protokol kesehatan di acara Rizieq Shihab Warganet menyuarakan #indonesiaterserah terkait pengabaian protokol kesehatan di acara Rizieq Shihab. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Warganet alias netizen kembali menggemakan tagar #IndonesiaTerserah seiring acara yang digelar oleh pimpinan FPI Rizieq Shihab. Hingga Sabtu (14/11) pukul 19.44 WIB, kicauan dengan tagar tersebut menjadi trending topic peringkat pertama di Indonesia dengan 2.477 cuitan.

Tagar ini salah satunya diserukan oleh relawan Covid-19 sekaligus aktivis media sosial, Dokter Tirta. Melalui akun @tirtha_hundhi, ia mencurahkan kekecawaannya terhadap pemerintah.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kurang tegas dalam mengedukasi protokol kesehatan kepada masyarakatnya. Ia juga mengecam langkah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membagikan masker ke tamu undangan Rizieq.


"Kami rakyat Indonesia yang berkorban karena pandemi kecewa karena pembuatan kebijakan @BNPB_Indonesia bagi masker ke tamu undangan daripada pengungsi merapi. Kemana kalian pembuatan kebijakan? Ga sedih atas kematian ratusan nakes hah?," cuitnya.

Ia juga mengunggah gambar kartun tenaga kesehatan yang tengah memegang kertas bertuliskan "INDONESIA??? TERSERAH!!! Suka-suka kalian saja".

Diketahui, gerakan ini sebelumnya sempat viral di awal pandemi Covid-19 sebagai wujud protes tenaga kesehatan terhadap masyarakat yang dinilai tidak tertib menerapkan protokol kesehatan.

Protes serupa juga dikatakan akun @sangrindra. Ia menyinggung kebijakan pertandingan sepak bola yang tidak boleh didatangi penonton, namun mengizinkan pernikahan dengan ribuan tamu.

Akun @afifsyarf turut mengecam langkah BNPB memberikan masker pada panitia FPI. Ia pun menyinggung larangan wisuda secara fisik pada instansi pendidikan.

"Wisuda yang pesertanya tidak sampai 500 orang aja dilarang ini hajatan yg puluhan ribu orang malah dapat bantuan masker, satgas covid-19 sehat ?," cuitnya.

Menurut pantauan CNNIndonesia.com, acara di markas FPI sudah dimulai dan dipadati massa pendukung Rizieq. Mereka terlihat tidak menjaga jarak. Beberapa juga terpantau tak mengenakan masker atau hanya menggunakan masker di dagu.

Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara mengkonfirmasi bahwa pihaknya menyurati Rizieq agar menjaga protokol kesehatan dalam acaranya.

Jika didapati melanggar protokol kesehatan yang diatur Pemprov DKI Jakarta, maka pihaknya akan memberikan sanksi.

Akun Twitter FPI, @DPPFPI_ID menunjukkan sejumlah foto pelaksanaan protokol kesehatan di acara itu. Terdapat foto peserta tengah diperiksa suhu dan bilik desinfektan.

"Protokol Kesehatan (Ketat) di DPP FPI. SELURUH JAMA'AH, TAMU UNDANGAN, DAN LASKAR FPI WAJIB MENGIKUTI PROTOKOLER KESEHATAN," tulis cuitan itu.

Diketahui, Rizieq Shihab menggelar acara pernikahan putrinya sekaligus peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11) malam. Acara itu dipadati oelh kerumunan massa dengan penerapan protokol kesehatan yang minim.

(fey/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK