Whatsapp Ganti Fitur Archive, dari Mode Liburan ke Read Later

eks, CNN Indonesia | Selasa, 17/11/2020 08:49 WIB
Whatsapp mengganti fitur Archive Chat yang sebelumnya akan jadi mode liburan, kini dikembangkan jadi fungsi Read Later. Ilustrasi. Whatsapp kembangkan Archive Chat jadi Read Later setelah sebelumnya mau dibikin Mode Liburan (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Whatsapp tengah mempertimbangkan untuk menggantikan fitur Arsip (Archieve Chats) menjadi fitur baru "Read Later" (baca nanti).

Saat ini fitur tersebut masih dalam pengmbangan dan belum diketahui kapan akan dirilis. Sehingga, fitur ini belum tersedia bagi pengguna umum.

Sebelumnya, Whatsapp sempat dikabarkan akan mengembangkan mode liburan untuk menggantikan obrolan yang diarsipkan.


Namun, dalam perkembangan trbaru, Whatsapp kembali mengubah arah dengan menggantikan Arsip Obrolan menjadi Baca Nanti (Read Later).

Fitur Read Later pada dasarnya adalah pengembangan lanjutan dari fitur Arsipkan Obrolan. Tapi, serupa dengan wacana Mode Liburan, fitur Read Later juga tak akan menampilkan notifikasi jika ada pesan baru yang masuk ke folder ini.

Jika sebuah pesan atau grup dikeluarkan dari folder Arsip atau Read Later, maka notifikasi pesan baru akan kembali muncul. Nantinya, pengguna bisa melihat fitur "Read Later" di bagian kanan atas chat.

Jika di klik, maka pengguna akan masuk ke folder "Read Later" dan melihat pesan-pesan yang dimasukkan ke dalam folder ini.

Menurut penjelasan Whatsapp, "Read Later" adalah format baru dari fitur "Archived Chats". Fitur ini dibuat untuk mengurangi gangguan dari notifikasi Whatsapp, seperti dikutip dari akun pembocor fitur Whatsapp, WABetaInfo



Selain itu, disebutkan juga kalau Whatsapp tengah mengembangkan fitur lain seperti wallpaper atau gambar latar pesan instan yang lebih canggih dan emoji baru.

Fitur ini membuat pengguna bisa memasang latar berbeda pada tiap chat. Saat ini, pengguna cuma bisa memasang satu latar yang sama untuk semua chat. Dengan latar berbeda, bakal membantu pengguna mengurangi kesalahan kirim pesan.

Fitur ini belum tersedia untuk seluruh pengguna Whatsapp, tapi pengguna Android beta sudah mulai bisa menggunakan fitur untuk mengubah opasitas (tingkat transparansi) wallpaper pilihan mereka, seperti dilaporkan Hindustan Times

Pengguna beta juga bisa memilih 32 Wallpaper Terang baru, 29 Wallpaper Gelap baru, wallpaper kustom, dan Warna Solid. Pengguna juga dapat memilih wallpaper dari Arsip Wallpaper.

Selain itu, jika pengguna memutuskan untuk menggunakan warna solid sebagai wallpaper, mereka dapat menerapkan WhatsApp Doodle sebagai sebagai pelapis (overlay).

Disebutkan juga pengguna bisa beralih dari Mode Liburan ke fitur Read Later. Caranya dengan mengaktifkan fitur ini di Setting Read Later.

(eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK