Xiaomi, Oppo, Realme, Balapan Pertama Pakai Snapdragon 888

eks, CNN Indonesia | Kamis, 03/12/2020 13:25 WIB
Xiaomi, Oppo, dan Realme balapan menjadi vendor pertama yang memakai chipset teranyar Snapdragon 888. Ilustrasi (Qualcomm)
Jakarta, CNN Indonesia --

Xiaomi, Oppo, dan Realme berlomba mengumumkan perangkat teranyar mereka bakal mendukung Qualcomm Snapdragon 888.

Qualcomm baru saja memberikan sebagian detil prosesor tercanggihnya, Snapdragon 888, Selasa (1/12). Dalam pengumuman itu, Qualcomm menyebut prosesor ini akan digunakan oleh 14 pembuat ponsel. Namun, Qualcomm tak berikan rincian 14 pabrikan itu.

Tak menunggu lama, Xiaomi, Realme, dan Oppo langsung mengumumkan kalau perangkat mereka akan menggunakan chipset tercepat itu.


Xiaomi akan menempatkan Snapdragon 888 untuk Mi 11, Realme untuk seri Race, dan Oppo untuk Find X3.

Xiaomi juga jadi salah satu yang pertama mengumumkan akan menggunakan Snapdragon 865 saat Qualcomm mengumumkan peluncuran chipset itu pada 2019. Saat itu, Xiaomi menyebut Mi 10 akan dilengkapi dengan chip itu.

Meski Xiaomi belum memberikan pengumuman tentang Mi 11, namun beredar sejumlah bocoran di internet. Seri Pro dari ponsel ini akan menggunakan paner 120 Hz dengan resolusi QHD+.

Layar ponsel juga disebut akan menggunakan sejumlah teknologi peningkatan kualitas gambar seperti MEMC, peningkatan pemetaan SDR-to-HDR, dan peningkatan AI.

Sementara Oppo Find X3 rencananya akan diluncurkan pada kuartal pertama 2021. Pekan lalu, Oppo memberikan bocoran, terutama soal layar ponsel ini.

Layar ponsel disebut akan menggunakan dukungan warna 10-bit. Selain itu, Oppo juga akan menambahkan sistem manajemen warna sehingga bisa mendukung gamut warna DCI-P3 dan kedalaman warna 10-bit baik saat menangkap, menyimpan, dan menampilkan gambar.

"Teknologi Snapdragon 888 5G Qualcomm akan meningkatkan layanan 5G, pencitraan, dan AI, "kata Alen Wu, Wakil Presiden dan Presiden Penjualan Global OPPO, seperti dikutip XDA Developer

Untuk Realme, berencana mengintegrasikan chipset ini pada seri Race yang meluncur tahun depan. Tak banyak detil yang dibagikan tentang ponsel ini. Disebutkan ponsel akan mendukung Android 11, RAM 12 GB, 256 penyimpan internal, dan diluncurkan dengan kode RMX2202.

Qualcomm Snapdragon 888 merupakan prosesor yang sudah dilengkapi cip modem 5G. CPU chipset ini menggunakan Kyro 680. CPU ini merupakan modifikasi dari inti Cortex-X1 terbaru dengan arsitektur ARM.

Untuk performa, chipset ini menjanjikan kecepatan 25 persen lebih tinggi dari 865. Clockspeed CPU ini 2,84 GHz. Sementara untuk pemroses grafis, disematkan GPU Adreno 660. Chip ini menjanjikan peningkatan kemampuan merender grafis paling tinggi sebesar 35 persen.

Untuk penggunaan daya, CPU dan GPU chipset ini disebut lebih hemat daya 25 persen dan 20 persen. Sehingga, meski performa meningkat, kemampuan menghisap daya baterai disebut bakal berkurang.

Untuk dukungan kamera, Snapdragon 888 akan menggunakna tiga ISP. Sehingga, dengan dukungan chipset ini, ponsel bisa melakukan tiga streaming video 4K HDR bersamaan. Selain itu, chipset ini juga sanggup mendukung resolusi 28 megapiksel (MP) dengan kecepatan 2,7 gigapiksel per detik.

Melansir The Verge, Chipset ini juga bisa menangkap gambar beruntun (burst) 120 foto dalam 1 detik dengan resolusi 10 MP. Kamera juga bakal bisa lebih baik menangkap gambar di kondisi kurang cahaya dan mengambil foto dengan warna 10-bit dalam format HEIF. 

Untuk kemampuan kecerdasan buatan (artificial intellegence/ AI), Snapdragon 888 menggunakan prosesor Hexagon 780, mesin AI generasi keenam Qualcomm.

Chip ini disebut akan meningkatkan kemampuan fotografi, game, dan asisten suara di ponsel. Kemampuan AI ini naik hampir 2 kali lipat, dari 15 TOPS (trillion operations per second) pada Snapdragon 865, menjadi 26 TOPS.

(eks)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK