TIPS TEKNOLOGI

Cara Bersihkan Layar Ponsel dari Abu Vulkanik

CNN Indonesia | Kamis, 03/12/2020 17:20 WIB
Pakar gadget memberikan tips sederhana untuk amankan layar ponsel atau HP yang terkena abu erupsi gunung berapi. Cara bersihkan layar ponsel agar tak tergores. Foto: (dok. CNNIndonesia.com/ Eka Santhika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Abu erupsi atau vulkanik ke layar gadget seperti ponsel kemungkinan bisa membuat baret jika langsung dilap dengan tangan atau kain.

Menurut pengamat gadget dari Gatrode, Lucky Sebastian ada cara khusus saat membersihkan abu vulkanik ketika menempel di layar ponsel.

"Abu erupsi ke layar gadget ada kemungkinan bisa membuat baret kalau di lap langsung. Jadi sebaiknya ditiup," kata dia saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (3/12).


Belakangan, warga di beberapa wilayah Indonesia sedang disibukkan dengan erupsi gunung berapi. Salah satunya Gunung Merapi.

Lebih lanjut kata Lucky, jika smartphone didukung IP rating yang anti debu dan air misal IP68, bisa dicuci air mengalir. Karena itu harusnya lebih aman ketika terkena abu vulkanik.

Yang paling cukup aman adalah perangkat gadget yang sudah memakai screen protector atau proteksi layar, kemungkinan screen protectornya saja yang 'baret'.

"Yang lebih harus hati-hati abu gunung ini berukuran sanggat kecil dan mungkin masuk ke dalam ponsel yang tidak punya IP rating, lewat bagian-bagian yang terbuka seperti port charger, audio, volume, dan lainnya," pungkas Lucky.

Sebelumnya, Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida mengatakan bahwa Gunung Merapi diperkirakan akan mengalami erupsi yang bersifat efusif atau lelehan, setelah statusnya dinaikkan menjadi Level III atau 'Siaga' pada Kamis (5/11).

Kondisi tersebut lantas tidak menutup kemungkinan akan terjadi erupsi yang bersifat eksplosif. Hanya saja, BPPTKG memperkirakan bahwa apabila memang terjadi letusan eksplosif, maka tidak akan sebesar erupsi pada 2010.

Selain menutupi sepeda motor maupun mobil, abu erupsi juga berpotensi mengganggu warga sekitar yang memiliki gadget seperti ponsel hingga televisi.

(din/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK