Yamaha Gear 125 Disebut Bukan Lawan Honda Beat

CNN Indonesia | Jumat, 04/12/2020 09:33 WIB
Yamaha Indonesia menjual Mio Gear seharga Honda Beat, namun dengan kapasitas mesin lebih besar. Yamaha Mio Gear. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menegaskan produk baru Gear bukan skuter matic (skutik) yang dapat disandingkan dengan produk Honda Beat. Gear dikatakan skutik yang berada satu level di atas Beat dari kapasitas mesin meski berdasarkan harga beririsan.

Yamaha Gear yang meluncur 25 November dibanderol Rp16,75 juta dan Rp17,35 juta pada varian tertingginya. Sedangkan harga Beat mulai Rp16,45 juta hingga Rp17,25 juta.

"Memang banyak yang mengomparasi dengan Beat, tapi [Gear] tidak atau bukan lawan Beat," kata Manager of Public Relation YIMM Antonius Widiantoro di kawasan Sentul, Jawa Barat, Kamis (3/12).


Menurut Antonius dari segi produk, Gear dan Beat berbeda terutama dari sisi mesin. Gear menggendong dapur pacu 125 cc Blue Core yang dikembangkan dari basis mesin Freego, sementara Beat 110 cc.

"Karena secara produk itu 125 cc sementara kompetitor 110 cc. Poinnya ya mungkin Yamaha hanya punya [mesin] paling kecil 125 cc," ucap Antonius.

Ia juga mengatakan melalui Gear, Yamaha ingin menjelaskan perusahaan sudah tidak bermain pada skutik kelas mesin 110 cc.

"Dan Yamaha ingin bilang bahwa kami itu tidak bermain di 110 cc. Tapi jadinya kami memiliki tenaga lebih besar, powerfull dan tetap irit kok," ungkap Antonius.

honda beatHonda Beat. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

Menurutnya jika ingin membandingkan Gear harus sebanding, dalam artian sama-sama menggunakan mesin 125 cc. Honda diketahui mempunyai skutik 125 cc yang masuk keluarga Vario.

"Kalau dikomparasi dengan 110 cc, banyak hal untuk dibandingkan. Mungkin paling sering dari konsumsi bahan bakarnya, dan karena secara logika 110 cc [pasti unggul]," ucap dia.

Catatan Redaksi: Judul diubah pada jumat (4/11) setelah klarifikasi dari narasumber. Sebelumnya berjudul Yamaha Sebut Mio Gear Bukan Lawan Honda Beat.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK