Nissan Indonesia Bocorkan Peluncuran SUV Baru

fea, CNN Indonesia | Senin, 14/12/2020 13:15 WIB
Mobil baru yang disebut 'compact SUV' ini diduga bernama Magnite produksi India. Foto penggoda Nissan compact SUV. (NMDI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) melempar foto penggoda 'compact SUV' baru yang bakal dijual di dalam negeri. Menimang penampakan pada foto, mobil ini diyakini sosok Magnite yang sudah meluncur awal Desember di India.

"Ini merupakan produk pertama Nissan untuk Indonesia di bawah strategi transformasi Nissan NEXT," tulis NMDI, dalam siaran resmi, Senin (14/12).

Nissan MagniteNissan Magnite. (nissannews.com)

Bentuk lampu depan berikut area positioning lamp yang muncul pada foto penggoda dengan latar belakang gelap mirip Magnite. Lalu logo Nissan yang baru juga menguatkan bahwa sosoknya merupakan model baru setelah logo itu diperkenalkan pada Juli.


Magnite merupakan SUV lima penumpang yang dirancang menggunakan platform CMF-A+ milik Renault-Nissan. Sebelum digunakan Magnite, platform ini sudah dipakai Renault Triber yang telah dijual di Indonesia.

Magnite diposisikan sebagai SUV lebih kecil dari Kicks, yang versi hybrid e-Power sudah meluncur di dalam negeri pada September. Magnite adalah SUV terkecil Nissan.

India saat ini merupakan satu-satunya produsen Magnite, jadi kemungkinan besar menjadi pemasok unit buat NMDI mengingat Nissan tak punya lagi fasilitas perakitan mobil di Nusantara.

Nissan MagniteNissan Magnite. (nissannews.com)

Secara desain wajah Magnite terlihat mirip Datsun, hal ini karena awalnya ditujukan buat menjadi SUV paling mewah Datsun. Setelah Datsun dipensiunkan, tahap terakhir pengembangannya diserahkan pada Nissan.

Magnite telah diuji coba di Indonesia setelah unitnya dengan seragam kamuflase dipercaya terpergok kamera di Purwakarta.

Nissan menyediakan dua pilihan mesin Magnite untuk pasar India, yaitu bensin B4D 999 cc bertenaga 72 PS dan 96 Nm serta bensin HRAQ 999 cc turbo yang menghasilkan 100 PS dan torsi 152 Nm. Soal pilihan transmisi tersedia manual 5-percepatan dan CVT.

Nissan MagniteNissan Magnite. (nissannews.com)
Nissan MagniteNissan Magnite. (nissannews.com)

NMDI belum menjelaskan rinci soal sosok compact SUV yang dimaksud, apalagi tentang spesifikasi mesinnya. Tidak dijelaskan pula soal tanggal peluncuran.

"Di balik kap depan, mesinnya tidak hanya menawarkan performa yang luar biasa, tetapi juga penggunaan bahan bakar yang efisien sehingga mampu memuaskan pelanggan," kata Evensius Go, Presiden Direktur NMDI.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK