Spesifikasi Renault Kiger, Kembar Nissan Magnite di Indonesia

CNN Indonesia | Selasa, 15/12/2020 12:25 WIB
Renault Kiger dirancang memakai platform CMF-A+ yang digunakan Triber dan Nissan Magnite. Mobil konsep Renault Kiger Showcase. (Maxindo Renault Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Maxindo Renault Indonesia (MRI) menyatakan SUV Kiger bakal meluncur di Indonesia pada tahun depan. Pengumuman itu dikeluarkan pada Selasa (15/12), sehari setelah produk kembarannya, Nissan Magnite, terindikasi kuat bakal mengaspal di Tanah Air.

Kiger dan Magnite merupakan produk yang sama-sama dikembangkan dari platform milik aliansi Renault-Nissan bernama CMF-A+ (Common Module Family - A segment). Keduanya juga bakal diproduksi di India dan masuk ke Indonesia melalui jalur impor mengingat Renault dan Nissan tak punya fasilitas produksi di dalam negeri.

Platform CMF-A+ juga digunakan pada Triber, SUV kecil 7 penumpang yang sudah dijual di Indonesia. Meski demikian, beda dari Triber, Kiger bakal berupa SUV kecil lima penumpang seperti Magnite.


Kiger saat ini belum meluncur dan dijual di manapun, termasuk India. Mobil konsepnya, Kiger Showcase, sudah dipamerkan di India pada November.

Seiring kehadiran mobil konsepnya, spesifikasi versi produksi Kiger sudah ramai dibicarakan.

Menurut MRI, Kiger dirancang di studio desain Renault di Paris, Prancis. MRI meyakini Kiger akan menjadi 'sub-compact SUV pertama di Indonesia yang akan diluncurkan di tahun 2021'.

Kiger disebut akan hadir dengan desain futuristik yang berhadapan langsung dengan Kia Sonet serta saudaranya yang diperkirakan meluncur pekan depan, Magnite.

Berdasarkan versi konsep, Kiger dengan panjang 4 m dan ground clearance 210 mm ini menggunakan gril depan khas Renault, serta memiliki fitur LED DRL. Terdapat juga beberapa aksesori untuk mempertegas tampilan SUV pada mobil ini di antaranya skid plate, roof rail, spoiler, kemudian pelek dua warna dengan ukuran 19 inci.

Rumah lampu terlihat didesain menyipit dan penerangan sudah menggunakan LED serta lampu indikator hijau. Di bagian belakang, mobil ini juga memiliki ciri khas tersendiri dengan LED serta desain berbentuk 'double C'.

Menurut Renault monitor layar sentuh bagian sistem hiburan sudah menggunakan Android Auto dan Apple CarPlay.

Renault Kiger ShowcarMobil konsep Renault Kiger Showcase. (Maxindo Renault Indonesia)

Kiger juga dibekali dua pilihan mesin seperti Magnite, yakni 3-silinder 1.000 cc yang menghasilkan 71 hp dan 96 nm dan 3-silinder 1.000 cc turbo dengan 98 hp dan 160 Nm.

India akan mulai memproduksi versi produksi Kiger pada 2021 sekaligus menjadi sumber ekspor ke banyak pasar dunia. Renault mengklaim hampir 80 persen dari spesifikasi Kiger identik versi konsep.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK