TIPS TEKNOLOGI

10 Tips Hemat Baterai HP Selama Libur Natal dan Tahun Baru

CNN Indonesia | Kamis, 24/12/2020 23:50 WIB
Libur Natal dan Tahun Baru 2021 banyak dihabiskan dengan bermain game dan menonton film sehingga baterai HP lebih cepat habis. Ilustrasi baterai ponsel. (Raw Pixel)
Jakarta, CNN Indonesia --

Smartphone atau HP sudah menjadi bagian dari kehidupan kebanyakan manusia di era digital saat ini. Penggunaannya yang terbilang sering terutama saat liburan Natal dan Tahun Baru 2021 dengan bermain game atau menonton film hingga Youtube membuat baterai HP cepat habis.

Dengan segala kemajuan teknologi, hampir semua akses dapat dilakukan hanya dengan satu sentuhan di genggaman tangan. Bagi penggunanya, smartphone diharapkan memiliki daya baterai yang tahan lama, namun hanya beberapa ponsel saja yang memiliki kapasitas baterai yang besar.

Banyak rumor yang menyebut sejumlah cara untuk meningkatkan masa pakai ponsel yang digunakan, dengan harapan dapat bertahan lebih lama dari biasanya. Berikut cara-cara yang dapat dilakukan untuk memperpanjang baterai smartphone agar tidak cepat habis, dilansir dari Medium:


1. Turunkan kecerahan layar secara otomatis

Melalui cara ini ponsel dapat menyesuaikan secara otomatis kecerahan pada layar ponsel yang disesuaikan dengan lingkungan sekitar.

Jika hendak menyesuaikan secara manual, disarankan untuk mengatur kecerahannya di bawah 50 persen. Hal ini bertujuan agar ponsel yang digunakan tidak menguras banyak daya untuk menampilkan layar yang terang.


2. Matikan Bluetooth dan Wi-Fi

Dengan cara mematikan Bluetooth dan Wi-Fi, ponsel tidak dituntut untuk mendeteksi piranti penghubung. Terkadang pengguna terbiasa dengan mengaktifkan hal tersebut, karena di beberapa ponsel memiliki pengaturan default yang mengaktifkan keduanya.

Disarankan untuk nonaktifkan Bluetooth dan Wi-Fi jika tidak digunakan, agar tidak menguras daya yang signifikan di ponsel pintar yang digunakan.

3. Periksa lokasi dan pelacakan GPS

Mirip dengan fungsi Bluetooth dan Wi-Fi, fitur pelacakan lokasi yang melacak lokasi pengguna diklaim dapat menghabiskan baterai pada ponsel secara drastis.

Disarankan untuk mengubahnya dalam kondisi nonaktif, dan dapat menyalakan kembali di saat pengguna membuka navigasi atau maps saja.

4. Atur ulang waktu standby layar

Waktu tunggu layar atau standby layar adalah pengaturan otomatis yang mengatur cahaya redup saat pengguna tidak melakukan aktivitas pada ponselnya.

Pengaturan ini dapat diatur dalam pengaturan tampilan, dan disarankan untuk memilih mode otomatis dengan waktu di bawah 5 detik. Hal ini dapat mengurangi masa penggunaan baterai, yang diklaim dapat menguras baterai apabila mengatur waktu tunggu layar lebih dari 5 detik.

5. Matikan notifikasi aplikasi yang tidak perlu

Melansir Indian Today, meskipun menerima pemberitahuan dari aplikasi dinilai berguna seperti berita dan email, namun pada aplikasi lainnya disarankan untuk mematikan notifikasi yang dinilai tidak berguna.

Seperti pada pemberitahuan dalam aplikasi game yang mengingatkan pengguna untuk memainkanya kembali. Ini menjadi contoh aplikasi yang dapat pengguna matikan notifikasinya, agar tidak menguras di saat menerima notifikasi tersebut.

Selain itu, disarankan juga untuk menontaktifkan mode getar ponsel untuk notifikasi secara umum. Cara ini juga dapat membuat daya baterai pada ponsel yang digunakan tidak terkuras secara signifikan.

6. Tidak menggunakan ponsel hingga baterai habis

Beberapa pengguna berpikir sebaiknya menggunakan ponsel hingga baterainya habis sepenuhnya sebelum mengisinya kembali. Hal ini tidak dianjurkan karena sebagian besar ponsel dilengkapi dengan baterai Lithium Ion atau Li-ion.

Jika pengguna menguras baterainya sampai habis lalu mengisinya kembali dapat menyebabkan penurunan masa pakai baterai ponsel hingga dapat merusak komponen dalam baterai.

Disarankan untuk mengisi daya ponsel dengan keadaan tidak benar-benar habis.

7. Tutup aplikasi jika sudah selesai digunakan

Cara agar baterai smartphone tidak habis lainnya adalah dengan menutup aplikasi yang sudah dipakai. Walaupun ponsel yang memiliki memori RAM on-board yang besar menutup aplikasi dengan baik dinilai dapat membuat RAM di gawai Anda tidak bekerja terlalu keras.

Jika aplikasi dibuka dalam jumlah banyak di waktu bersamaan, dapat menyebabkan RAM bekerja lebih banyak, dan berdampak pada daya baterai yang ada dalam ponsel.

Bukalah aplikasi yang berguna saat ini saja, jika sudah selesai menggunakannya diharapkan untuk menutupnya, dan tidak melakukan minimize saja.

8. Hindari menggunakan flash saat foto

Saat ini hampir seluruh smartphone memberikan fasilitas flash LED untuk menunjang hasil jepretan. Untuk membuat daya baterai gawai Anda tahan lama, disarankan untuk tidak menggunakan fitur ini pada saat memotret.

Kilat LED juga menggunakan sumber daya dari baterai ponsel Anda. Disarankan untuk mematikan fitur ini ketika hendak melakukan potret.

9. Jangan biarkan ponsel panas

Jika pengguna menjumpai smartphone-nya panas, ini adalah saatnya untuk berhenti menggunakannya sejenak. Biarkan gawai menetralkan suhunya dengan cara menutup semua aplikasi yang digunakan, dan mengunci layar ponsel Anda.

Cara lain yang harus diperhatikan adalah dengan tidak menggunakan ponsel di bawah terik matahari, atau pada memasukannya pada saku celana yang tidak memiliki banyak rongga terbuka.

Hal ini dapat membuat ponsel memanas, dan berpengaruh pada masa penggunaan baterai.

10. Siapkan Powerbank

Penyimpanan daya portabel atau biasa disebut Powerbank setidaknya berguna untuk menyimpan sumber daya tambahan untuk ponsel.

Hal ini dapat membantu pengguna untuk memperpanjang masa penggunaan ponsel. Disarankan untuk memilih power bank yang kondisinya bagus dan memiliki daya yang banyak, agar dapat membantu dalam memperpanjang penggunaan ponsel

Itulah 10 cara agar baterai smartphone tidak habis. Melalui cara tersebut diklaim dapat memperpanjang masa pada gawai yang Anda miliki.

(can/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK