Ejek Apple Tanpa Charger, Xiaomi-Samsung Jilat Ludah Sendiri

eks, CNN Indonesia | Senin, 28/12/2020 10:05 WIB
Xiaomi dan Samsung menjilat ludah sendiri setelah sempat mengejek Apple yang menghadirkan iPhone 12 tanpa dilengkapi dengan charger. Ilustrasi. Xiaomi dan Samsung menjilat ludah sendiri setelah sempat mengejek Apple yang menghadirkan iPhone 12 tanpa dilengkapi dengan charger. (iStockphoto/by sonmez)
Jakarta, CNN Indonesia --

Xiaomi dan Samsung menjilat ludah sendiri dengan tidak menyertakan pengisi daya (charger) untuk ponsel teranyar mereka, Mi 11 dan Galaxy S21.

Hal ini dilakukan setelah sebelumnya kedua merek ini mengejek Apple yang tak menyertakan charger untuk iPhone 12. Saat itu, Apple menyebut charger tak disertakan dengan alasan agar lebih ramah lingkungan.

Kini Samsung dan Xiaomi juga menyatakan hal serupa terkait absennya pengisi daya di perangkat anyar nanti. Samsung bahkan menghapus iklan yang sempat mengejek Apple itu.


CEO Xiaomi Lei Jun mengonfirmasi kalau Mi 11 tak akan dijual dengan pengisi daya agar lebih ramah lingkungan. Pernyataan ini diungkap Jun lewat akun media sosial China, Weibo.

"Mi 11 dikemas lebih ringan. Merespons kemajuan teknologi dan perlindungan lingkungan, kami tak menyertakan charger di kemasan," tulisnya sembari menyertakan foto kemasan Mi 11, seperti dikutip The Verge.

Dalam foto itu tampak kemasan Mi 11 mirip dengan iPhone 12 yang tipis dan kecil. Sebelumnya, sempat beredar juga bocoran gambar kemasan Mi 11 serupa.

Xiaomi menyebut menambahkan charger dalam kemasan ponsel hanya akan menambah sampah elektronik. Sebab, pengguna sudah memiliki pengisi daya dari ponsel sebelumnya, seperti dilaporkan GizmoChina

Keputusan Apple untuk tidak menyertakan pengisi daya pada iPhone 12 saat peluncuran Oktober lalu disambut dengan beberapa ejekan dari kompetitor seperti Samsung dan Xiaomi.

Lewat sebuah iklan, Samsung mengingatkan pelanggan dalam sebuah iklan bahwa pengisi daya "disertakan dengan ponsel Galaxy Anda". Iklan Galaxy yang dibuat oleh Samsung Karibia pada Oktober lalu dilaporkan telah dihapus.

Dalam iklan itu tertulis, "Galaxy Anda memberi semua yang Anda butuhkan. Dari hal paling dasar seperti charger, kamera terbaik, baterai, performa, memori, dan layar 120 Hz."

Cuitan ini disertai dengan gambar pengisi daya dan tulisan "ada dalam kemasan Galaxy Anda".

Melansir MacRumor, tak lama setelah peluncuran iPhone 12, Xiaomi mencuit kalau mereka "tidak meninggalkan apa pun di luar kotak" untuk Mi 10T Pro-nya. Cuitan ini disertakan video klip yang menunjukkan kotak Mi 10T dengan pengisi daya di dalamnya.



(eks)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK